Brasil dan Portugal Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Editor: M. Rifat

29 November 2022 02:18 29 Nov 2022 02:18

Thumbnail Brasil dan Portugal Susul Prancis ke Babak 16 Besar Watermark Ketik
Para pemain Brasil merayakan kemenangan atas Swiss di Stadium 974 Doha (28/11). (Foto: FIFA+)

KETIK, SURABAYA – Setelah Prancis dua hari lalu (26/11), Brasil dan Portugal menjadi tim kedua dan ketiga yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Brasil memastikan tiket tersebut setelah Senin malam kemarin waktu setempat (28/11) menumbangkan Swiss 1-0 di Stadium 974, Doha. Sementara Portugal menaklukkan Uruguay 2-0 di Lusail Iconic Stadium, Lusail.

Casemiro menjadi pemecah kebuntuan tim selecao, julukan Brasil. Pemain Manchester United tersebut menggetarkan jala Swiss pada menit ke-83 melalui tendangan geledeknya yang super keras di dalam kotak penalti. Ini hasil yang melegakan bagi Brasil karena di laga ini ditinggal dua starter mereka yakni Neymar dan Danilo karena cedera.

"Hasil laga ini (kemenangan tanpa Neymar) adalah buah dari proses yang kami lakukan selama empat tahun terakhir. Sekarang kami memiliki pemain-pemain lain yang bisa diandalkan di level teratas seperti ini. Butuh waktu panjang untuk menjadikan mereka di level ini," ucap Tite, pelatih Brasil dilansir Xinhua.

Brasil sebenarnya sudah menjebol gawang Swiss pada menit ke-64 melalui sontekan manis Vinicius Jr. Namun, setelah wasit melihat VAR, gol tersebut dianulir karena pemain Brasil lain Richarlison kedapatan berada dalam posisi offside.

Kemenangan ini sekaligus membuat Brasil memperpanjang rekor fantastis. Mereka tak pernah kalah dalam 17 laga fase grup Piala Dunia sejak edisi 1998 di Prancis.

Foto Pemain Portugal Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Uruguay (28/11). (Foto: FIFA+)Pemain Portugal Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Uruguay (28/11). (Foto: FIFA+)

Sementara itu, Portugal menyusul Prancis dan Brasil ke babak 16 besar lewat dua gol yang diborong Bruno Fernandes. Dua gol tersebut tercipta pada menit ke-54 dan ke-93 sebelum laga berakhir.

Uruguay sempat merespon ketinggalan mereka dengan memasukkan tiga pemain pengganti yang semuanya bertipikal menyerang. Maxi Gomez sempat melakukan tembakan pertama kali dari jarak 18 meter namun masih melambung di atas mistar. Sementara Giorgian de Arrascaeta hanya bisa melepaskan tembakan lemah di satu kesempatan emasnya di depan gawang Portugal.

Luis Suarez yang masuk pada menit ke-72 juga dapat satu peluang apik. Dia mengontrol dan menembak dalam satu gerakan di depan gawang Portugal namun tembakannya meleset dan hanya menggetarkan bagian luar jaring.

Bagi Uruguay, hasil ini membuat mereka berada pada posisi sulit untuk melaju ke babak 16 besar. Mereka wajib menang di laga terakhir fase grup melawan Ghana (2/2). Hal yang sama harus dilakukan Swiss di laga terakhir fase grup mereka kontra Serbia (2/2). (*)

Tombol Google News

Tags:

Piala Dunia 2022 Brasil Portugal