Bupati Usman Sidik Pelopor APBD Terbesar dalam Sejarah Halmahera Selatan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Marno

13 Oktober 2023 21:27 13 Okt 2023 21:27

Thumbnail Bupati Usman Sidik Pelopor APBD Terbesar dalam Sejarah Halmahera Selatan Watermark Ketik
Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Usman Sidik (Foto Rusatam Marsaoly/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Sejumlah pencapaian berhasil diraih oleh Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik dan wakilnya, Hasan Ali Bassam Kasuba (Usman-Bassam) selama dua tahun memimpin. Apalagi kepemimpinan keduanya sempat melalui masa sulit, pandemi Covid-19 yang  merebak ke negeri ini termasuk Halmahera Selatan. 

Kondisi itu membuat pemerintah mengubah rencana keuangan dan proyek. Menjadikan penanganan Covid-19 menjadi prioritas. 

Tak hanya dihantam badai corona, perekonomian Halmahera Selatan sempat lesu. Sebab aktivitas ekonomi tersendat karena adanya pembatasan demi menekan penyebaran virus kiriman dari Cina tersebut.

Meski diterpa pandemi, Halmahera Selatan bisa melalui. Kepemimpinan Usman-Bassam bisa melewati masa-masa sulit. Itu dilihat dari capaian Anggaran Pendapatan dan Balanja Daerah (APBD). Di mana pada 2021 diawal kepemimpinan keduanya, Halmahera Selatan memiliki APBD hanya Rp 1,4 triliun.

Foto Sekda Halmahera Selatan, Safiun Radjulan (Foto Ivan)Sekda Halmahera Selatan, Safiun Radjulan (Foto Ivan)

Setahun kemudian atau 2022 menjadi Rp 1,521 triliun, dan tahun 2023 menjadi Rp 1,539 triliun. Artinya terjadi kenaikan lebih dari Rp 18 miliar. Hingga pada 2023, APBD Halmahera Selatan dinilai memecahkan rekor. APBD murni semula Rp 1,539 triliun naik menjadi Rp 2,16 triliun di APBD perubahan. Artinya, kepimpinan Usman-Bassam baru dua tahun berhasil manaikkan APBD sebesar Rp 760 miliar.

Angka ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Halmahera Selatan. Angka ini mengungguli APBD kabupaten kota lain di Maluku Utara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Safiun Radjulan menjelaskan, nilai APBD Halmahera Selatan sempat fluktuatif dalam lima tahun terakhir. Namun dalam dua tahun ini, angkanya mengalami peningkatan signifikan. 

Peningkatan itu, katanya, tak terlepas dari kemampuan bupati dalam mencari celah penambahan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu, pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan juga berkoordinasi ke provinsi terkait dengan dana bagi hasil (DBH) pajaknya. Termasuk DBH dari pusat. Sehingga nilai pendapatan terus meningkat.

Safiun menambahkan, sejak Usman melaksanakan tugas sebagai bupati Halmahera Selatan, APBD di angka Rp 1,4 triliun. Namun berkat kerja kerasnya dengan melakukan terobosan-terobasan anggaran di pemerintah pusat, APBD naik drastis.

"Alhamdulillah, yang termuat dalam dokumen APBD perubahan tahun ini sebesar Rp 2,16 triliun. Perlu digaris bawahi, hasil itu adalah hasil kerja keras Pak Bupati," ungkapnya, Jumat (13/10).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini mengatakan, Halmahera Selatan saat ini merupakan salah satu kabupaten dengan APBD paling besar. Di mana setiap penyusunan program yang termuat dalam R-APBD perubahan 2023 sangat realistis.

"Kita tidak pernah mendongkrak PAD yang tidak realistis, semua diarahkan Pak Bupati bahwa kita menghitung anggaran berdasarkan hasil pendapatan yang betul-betul rasional," jelasnya

Dia melanjutkan, tahun 2024 nanti, Pemda Halmahera Selatan akan mengelola air baku di perusahaan tambang, yaitu Harita Nickel dan Wanatiara Persada di Pulau Obi. Pengelolan air baku tersebut, ditaksir per bulan mencapai Rp 3 miliar, yang masuk ke PAD.

"Selama ini pengelolaannya di provinsi, padahal itu kewenangan kabupaten. Jadi kita ambil alih dan itu sudah disetujui pihak Harita dan Wanatiara, "bebernya.

Karena itu, Safiun optimisi semua program prioritas bupati akan diselesaikan, karena APBD juga naiknya tinggi. "Jadi kita akan melakukan rapat-rapat untuk mengevaluasi program prioritas Pak Bupati yang sementara ini jalan, karena ini sudah masuk akhir tahun," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Usman Sidik Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Pelopor APBD Terbesar Sejarah Halsel