Calon Bupati Sidoarjo Subandi: Beasiswa Yatim-Piatu Bisa Angkat Orang Tuanya

Editor: Fathur Roziq

23 Oktober 2024 21:19 23 Okt 2024 21:19

Thumbnail Calon Bupati Sidoarjo Subandi: Beasiswa Yatim-Piatu Bisa Angkat Orang Tuanya Watermark Ketik
Dukungan untuk calon Bupati Sidoarjo Subandi di sela-sela acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-52 di rumahnya, Desa Pabean, Sedati. (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Calon Bupati Sidoarjo Subandi berharap tidak ada lagi anak-anak yatim yang tidak mampu melanjutkan sekolah. Belasan tahun membiayai pendidikan yatim-piatu di Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Subandi juga akan berusaha agar anak-anak yatim-piatu se-Sidoarjo bisa sekolah. Puluhan ribu jumlahnya.

Harapan dan cita-cita mulia itu disampaikan calon Bupati Sidoarjo Subandi di hadapan ratusan anak-anak yatim-piatu yang berkumpul di rumahnya. Mereka diundang sebagai tamu istimewa. Saat hari ulang tahun ke-52 Subandi. Rabu malam (23 Oktober 2024).

Peringatan ulang tahun malam itu diisi dengan sholawatan dan doa bersama serta pemberian santunan. Ratusan undangan hadir. Baik warga sekitar, keluarga, maupun teman-teman Subandi. Sejak masih muda, saat menjadi kepala desa, wakil bupati, Plt Bupati, maupun teman-teman lainnya. Calon Bupati Sidoarjo Subandi pun menyampaikan harapan di usia parobaya ini.

”Kami punya komitmen dan keinginan untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak Sidoarjo, terutama yatim-piatu, agar bisa sekolah hingga perguruan tinggi,” ungkap calon Bupati Sidoarjo Subandi kepada anak-anak asuhnya itu.

Jumlah total beasiswa pendidikan mencapai 20 ribu anak. Dari beasiswa prestasi akademik dan nonakademik hingga beasiswa penghafal Alquran. Separo di antaranya atau 10 ribu beasiswa akan diberikan buat anak-anak yatim dan piatu. Calon Bupati Sidoarjo Subandi berharap mereka semua memiliki kesempatan bersekolah.

Bahkan, ada peluang juga bagi mereka meneruskan kuliah. Baik di dalam maupun luar negeri. Sebab, Pemkab Sidoarjo juga berencana menyiapkan 4 ribu beasiswa pendidikan tinggi. Setelah lulus, mereka mampu mengangkat derajat orang tua.

”Ini komitmen kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Sidoarjo. Subandi-Mimik siap memberikan beasiswa untuk anak Sidoarjo, khususnya anak yatim,” tambah calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Komitmen itu didengar hadirin. Di antaranya, 147 anak-anak yatim piatu yang berkumpul untuk ikut merayakan kebahagiaan bersama bapak asuh mereka. Selamatan hari ulang tahun H Subandi, SH MKn di rumah, Desa Pabean, Kecamatan Sedati.

Bagaimana tanggapan mereka?

”Kami doakan semoga harapan Abah Subandi dikabulkan Allah SWT,” ungkap salah seorang anak yatim.

”Mudah-mudahan Abah Subandi selalu sehat agar selalu bisa membantu masyarakat,” tambah anak lainnya.

Calon Bupati Sidoarjo Subandi bercerita. Di Desa Pabean, hampir tidak ada lagi anak-anak yatim-piatu yang tidak sekolah. Sejak 2008, warga bersama dirinya sebagai Kades Pabean,  secara swadaya memberikan santunan. Nilainya mencapai puluhan juta setiap bulan.

Kebutuhan sehari-hari anak yatim dan orang tuanya dipenuhi. Biaya pendidikan diberikan. Dari sekolah dasar hingga SMA. Dan, setiap dua bulan sekali, mereka diundang untuk doa bersama di rumah Subandi.

”Anak-anak yatim dan piatu ini adalah titipan Allah. Kami sebagai orang yang lebih mampu berkewajiban membantu mereka. Supaya bisa hidup dengan layak dan melanjutkan sekolah,” tambah calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Kepedulian kepada anak-anak yatim-piatu itu akan diperluas ke seluruh Kabupaten Sidoarjo. Kebutuhan makanan bergizi juga dipenuhi sesuai program Presiden Prabowo Subianto memberikan makanan gratis bergizi bagi anak-anak Indonesia.

Foto Emak-emak dan pemuda para tetangga sekitar Desa Pabean, Sedati, membawa kue tar untuk calon Bupati Sidoarjo Subandi pada Rabu malam (23 Oktober 2024). (Foto: Istimewa)Emak-emak dan pemuda para tetangga sekitar Desa Pabean, Sedati, membawa kue tar untuk calon Bupati Sidoarjo Subandi pada Rabu malam (23 Oktober 2024). (Foto: Istimewa)

Selesai acara doa bersama dan pemberian santunan, muncullah rombongan emak-emak. Mereka adalah tetangga sekitar rumah calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Diam-diam, emak-emak itu juga menyusun rencana dengan para pemuda desa. Menabuh musik patrol pakai alat-alat dapur. Ramai sekali. Bawa kue tar pula. Lengkap dengan lilinnya. Tentu ini hadiah spesial untuk Abah Bandi, sapaan akrab mereka buat calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Kebahagiaan pun bertambah-tambah. Tetangga, kolega, dan keluarga calon Bupati Sidoarjo Subandi memberikan selamat ulang tahun. Dan, ini kado istimewa dari sang istri, dr Sriatun.

Perempuan yang telah memberikan dua anak untuk Subandi itu memberikan pelukan mesranya. Penuh cinta. Mereka saling berangkulan disaksikan ratusan undangan dan anak-anak yatim. Tamu-tamu istimewa calon Bupati Sidoarjo Subandi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Calon Bupati Sidoarjo Calon Bupati Sidoarjo Subandi Calon Bupati Subandi Pilkada Sidoarjo 2024 Cabup Subandi Ulang Tahun Pendidikan Anak Yatim-Piatu