Catat! Cegah Tulang dari Osteoporosis dengan Menghindari 4 Minuman Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Desember 2023 10:00 21 Des 2023 10:00

Thumbnail Catat! Cegah Tulang dari Osteoporosis dengan Menghindari 4 Minuman Ini Watermark Ketik
Ilustrasi Tulang Manusia. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Tulang adalah salah satu organ tubuh yang memiliki sifat keras. Tulang adalah bagian tubuh yang berfungsi sebagai pembentuk rangka dan alat gerak tubuh alat gerak pasif. Tulang juga memiliki fungsi sebagai pelindung organ-organ internal, serta tempat penyimpanan mineral dalam tubuh.

Melihat perannya yang sangat vital, oleh sebab itu menjaga kesehatan tulang agar kita dapat beraktivitas dengan lancar. Selain itu menjaga kesehatan tulang juga penting untuk mencegah Osteoporosis.

Osteoporosis merupakan kondisi saat kepadatan tulang mulai berkurang. Kondisi ini menyebabkan tulang mudah keropos dan patah. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Seperti minuman yang kita konsumsi setiap hari. beberapa minuman perlu dihindari untuk mencegah osteoporosis di masa mendatang. Berikut ini kami ulas beberapa minuman yang beresiko menyebabkan Osteoporosis di masa yang akan datang.

1. Alkohol

Rasanya sudah bukan rahasia lagi jika konsumsi alkohol hanya akan memberikan efek negatif bagi tubuh, salah satunya Osteoporosis. Hal ini karena alkohol akan melepaskan kalsium dalam jumlah banyak melalui urin, padahal seperti yang kita tahu jika kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Hal ini terjadi karena alkohol dapat meningkatkan kadar PTH (hormon paratiroid). PTH adalah suatu regulator penting dari kalsium tubuh dan tingkat phosophoros.

Jika seseorang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, akan membuat tingkat PTH nya tinggi. Hal ini menyebabkan tekanan pada cadangan kalsium tubuh.

2. Minuman Elektrolit

Jika anda penggemar minuman elektrolit mungkin ada baiknya mulai membatasi mengkonsumsi minuman ini. Minuman elektronik memang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengandung natrium. Namun tanpa kita sadari dengan kandungan natrium yang tinggi akan membuat jumlah kalsium yang keluar melalui urin lebih tinggi.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda selain mengandung banyak gula, juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Sedangkan fosfor dapat meningkatkan ekskresi kalsium dari urine. Selain itu kandungan kafeinnya juga dapat mengganggu penyerapan kalsium.

4. Jus Dengan Gula Tambahan 

Seperti yang kita tahu jika konsumsi gula secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi tubuh. Salah satu minuman yang mengandung gula adalah jus buah. Pada beberapa buah sudah mengandung kadar gula yang cukup tinggi seperti mangga, melon dan nangka. Apalagi jika dalam pembuatannya diberikan lagi gula tambahan maka hal tersebut akan membuat kandungan gulanya menjadi berlipat.

Tanpa disadari, gula dapat berdampak buruk pada kesehatan tulang seseorang. Mengkonsumsi gula bisa meningkatkan jumlah kalsium dan magnesium yang keluar melalui urin. Selain itu gula juga mengurangi jumlah kalsium yang dapat diserap tubuh dengan menurunkan kadar vitamin D.(*)

Tombol Google News

Tags:

Osteoporosis tulang organ tubuh kalsium alkohol minuman bersoda Gula