Dalam Sehari, Jet dan Heli Jatuh Dekat Ukraina, Rusia Makin Kacau

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

14 Mei 2023 00:14 14 Mei 2023 00:14

Thumbnail Dalam Sehari, Jet dan Heli Jatuh Dekat Ukraina, Rusia Makin Kacau Watermark Ketik
Ilustrasi helikopter yang jatuh di dekat Ukraina. (Foto: Istockphoto)

KETIK, JAKARTA – Sebuah jet tempur Sukhoi SU-34 milik Rusia jatuh di wilayah Bryansk dekat perbatasan Ukraina pada Sabtu (13/5/2024).

Insiden ini berlangsung beberapa jam setelah sebuah helikopter militer Rusia juga jatuh di wilayah sama.
Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan helikopter itu ditembak jatuh saat terbang di atas Bryansk.

Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan informasi yang didapat dari petugas darurat menunjukkan mesin helikopter terbakar sebelum jatuh di dekat Klintsy, sekitar 40 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Namun, sebuah video yang diunggah saluran Telegram pro-invasi Rusia, Voyenniy Osvedomitel, menunjukkan sebuah helikopter meledak tinggi di atas langit dan terlempar keluar jalur hingga jatuh ke daratan dalam kondisi terbakar.

Komentar dalam video itu memaparkan bahwa helikopter angkut Mi-8 Rusia itu telah ditembak jatuh oleh rudal. Meski begitu, belum ada konfirmasi dari Rusia terkait detail laporan ini.

Insiden ini terjadi ketika pasukan Rusia dikabarkan makin kacau di Ukraina. Bos tentara Wagner Group menyebut pasukan Rusia banyak yang mengabaikan pos penjagaan hingga kabur dari medan perang di Ukraina, terutama Bakhmut.

Selain itu, insiden ini juga terjadi tak lama setelah Istana Kepresidenan Kremlin menjadi target serangan drone. Rusia menuding Ukraina dalang di balik serangan drone yang menargetkan Presiden Vladimir Putin itu.

Moskow bahkan menuduh Amerika Serikat yang menyuruh serangan drone itu dan Ukraina yang menjadi eksekutor. Namun, Kyiv membantah tuduhan Rusia itu dan menegaskan serangan drone itu bisa saja serangan palsu Moskow agar bisa memiliki alasan untuk melancarkan serangan baru ke Ukraina.(*)

Tombol Google News

Tags:

ukraina Rusia jet Helikopter