Dapat Kuota Tambahan, Kelangkaan Elpiji di Kota Batu Segera Berakhir

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

26 Juli 2023 10:30 26 Jul 2023 10:30

Thumbnail Dapat Kuota Tambahan, Kelangkaan Elpiji di Kota Batu Segera Berakhir Watermark Ketik
Elpiji 3 kg yang dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima di Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kelangkaan Elpiji 3 kg di Kota Batu nampaknya akan segera berakhir. Pasalnya, Pertamina mengirim 2000 tabung Elpiji 3 kg tambahan mulai hari ini, Rabu (26/7/2023). 

Sebelum terjadi kelangkaan, kota Batu mendapatkan kuota elpiji 3 kg sebanyak 12.000 tabung per hari. Itu artinya dengan adanya kuota tambahan tersebut, saat ini pasokan gas elpiji 3 kg yang merupakan subsidi pemerintah, menjadi 14.000 per hari.

"Mulai 24 Juli 2023 lalu hingga saat ini, Pemerintah Kota Batu bersama Pertamina mengeluarkan sebanyak 4590 cadangan elpiji 3 kg dalam operasi pasar. Tabung tambahan itu dijual dengan harga lebih murah yaitu Rp 16 ribu per tabung," urai Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono, Rabu (26/7/2023). 

Pemkot Batu bersama Pertamina telah melakukan operasi pasar tabung elpiji 3 kg. Menurut Eko, operasi pasar itu merupakan buah dari berbagai usaha yang dilakukan Pemkot Batu.

Salah satunya berkordinasi dengan Pertamina dan bersurat ke Dirjen Migas Kementerian ESDM RI di Jakarta untuk menambah kuota elpiji 3 kg di Kota Batu.

"Alhamdulillah, sejak tanggal 24 Juli lalu Pertamina telah mengeluarkan cadangan LPG 3 kg untuk Kota Batu sebanyak 1470 tabung, tanggal 25 Juli 2003 1120 tabung dan hari ini rencana 2000 tabung elpiji," jelasnya.

Eko menegaskan, tabung elpiji 3 kg tersebut akan didistribusikan ke seluruh agen secara merata sehingga masyarakat mendapatkan. Termasuk tambahan 2000 tabung, setiap harinya akan didistribusikan ke desa atau kelurahan. Sehingga tidak terjadi antrian panjang di agen.

"Selain itu strategi ini juga akan menjadikan operasi pasar lebih tepat sasaran hingga pengguna rumah tangga," tegasnya.

Sebelumnya, Pemkot Batu melakukan upaya untuk mengatasi kelangkaan elpiji 3 kg yang terjadi beberapa hari terakhir. Ada tiga hal yang diupayakan Pemkot Batu untuk menghadapi kelangkaan elpiji 3 kg. Yaitu koordinasi dengan Pertamina untuk mengeluarkan cadangan elpiji 3 kg.

Pemkot Batu juga mengirim surat ke Dirjen Migas Kementerian ESDM RI di Jakarta untuk menambah jumlah kebutuhan elpiji 3 kg di Kota Batu.

Pemkot Batu juga meminta Dirjen Migas segera menambah stok elpiji untuk mempercepat penanganan kelangkaannya elpiji di Kota Wisata Batu.

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu elpiji 3 kg subsidi Pertamina Dirjen Migas