De' Ayu Komayati, Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023 Bicara Pentingnya Pembangunan Melalui Desa

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

18 Desember 2023 19:27 18 Des 2023 19:27

Thumbnail De' Ayu Komayati, Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023 Bicara Pentingnya Pembangunan Melalui Desa Watermark Ketik
De' Ayu Komayati, Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, CIREBON – Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023, De' Ayu Komayati, akrab dengan panggilan Deay, mahasiswi cantik STEI Al-Ishlah Cirebon, bicara pentingnya pembangunan melalui desa.

Pemilik akun media sosial Instagram @deayu.ky mengatakan, bahwa situasi anak-anak dan perempuan di Indonesia telah membaik secara substansial selama beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, masih menyisakan kesenjangan pada wilayah geografis dari berbagai kelompok sosial. 

"Karena ukuran negara yang luas, kesenjangan ini sebanding dengan jumlah anak yang juga besar. Sepertiga penduduk Indonesia adalah anak-anak. Jumlah ini setara dengan sekitar 85 juta anak-anak dan merupakan jumlah terbesar keempat di dunia," katanya kepada media online nasional Ketik.co.id, Senin (18/12/2023).

Merujuk pada data Unicef, Deay yang bekerja sebagai Master of Ceremony dan Voice Over menyampaikan, bahwa secara keseluruhan peluang ekonomi untuk anak-anak cukup bagus. Indonesia telah menyaksikan keuntungan ekonomi yang mengesankan, yaitu sekitar 4-10 persen setiap tahun selama beberapa dekade. Tingkat kesuburan dan kematian yang menurun menunjukkan 'kesenjangan demografis' antara tingkat kelahiran dan harapan hidup akan berkurang pada tahun 2030-an.

"Sementara itu, populasi anak muda yang besar akan terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di masa depan. Ada banyak peluang dan kesempatan untuk dapat turut meningkatkan berbagai aspek dalam bidang pendidikan pada era perkembangan globalisasi yang semakin kompleks," ungkapnya.

Dalam hal ini, Deay menerangkan, bahwa program dari desa, negara dapat membangun Indonesia, misalnya melalui "Gerakan Mengajar Desa" hadir untuk menjadi jembatan antara peran pemerintah dan masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan. 

"Pemuda pemudi Indonesia harus bisa turut serta berkontribusi secara nyata. Seorang Muslimah sejati harus bisa memiliki peran agent of change atau agen perubahan yang besar bagi perubahan sosial pendidilan di lingkungan sekitar atau masyarakat," ujarnya.

Dirinya menyebut, kegiatan ini memiliki sasaran anak-anak desa yang dikemas sedemikian rupa sehingga anak-anak dapat belajar dengan menyenangkan dan tetap berdasarkan metode pembelajaran terbaru. Kegiatan ini juga bertujuan agar anak-anak desa dapat memiliki ketertarikan dalam belajar yang lebih baik lagi. 

"Tidak hanya anak yang belum berkesempatan mendapatkan pendidikan, tapi juga anak anak yang sudah mendapatkan media pendidikan sekolah. Hal tersebut dilakukan karena motivasi dalam belajar harus selalu ditingkatkan," imbuhnya.

Selain mengajar, ucap Deay, pentingnya sharing session atau sosialisasi kepada warga juga harus selalu dilakukan, sehingga mereka sadar akan pentingnya sebuah pendidikan, sehingga orang tua dapat memberikan suport kepada anak anaknya dalam pendidikan. 

"Artinya sebagai seorang muslimah kita juga memiliki andil yang sangat besar dan previlege khusus untuk bisa memberikan motivasi, semangat serta berkontribusi dalam dunia pendidikan. Dimulai dari hal yang kecil, berani berperan, mengambil langkah dan bertanggung jawab, maka Indonesia emas di 2045 akan segera kita capai. Pintar desanya, maju negaranya!" tegasnya.

Deay yang hobi bernyanyi berharap, amanah dan kepercayaan menjadi Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023 ini dapat memberikan energi positif dan kebermanfaatan untuk masyarakat Indonesia.

"Selaku generasi muda, kita harus siap akan segala rintangan dan tantangan yang mungkin akan terjadi, tetap tanamkan pondasi terbaik dalam diri untuk bisa berkarakter dengan baik. Generasi terbaik adalah yang mampu mempersiapkan Sumber daya manusia (SDM) terbaik sejak dini. Kepekaan pemuda akan hal sosial-pendidikan harus selalu dibangun, dimulai dari hal kecil, maka hal-hal besar akan tercipta," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi yang pernah diraih oleh Deay, yaitu:
1. Best Human Resource Development division on the great digital tourism of Majalengka 2021
2. Presiden Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSEI-Kelompok Studi Ekonomi Islam terbaik tingkat provinsi Jawa Barat 2022
3. Duta Pariwisata Nok Wakil II Kabupaten Cirebon 2022
4. Duta Kampus STEI Al-Ishlah Cirebon 2022-2023
5. Winner Miss Hijab Jawa Barat 2023
6. Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023

Adapun pengalaman yang pernah dirasakannya, yaitu: 
1. Presiden UKM (unit kegiatan mahasiswa) Kelompok studi ekonomi Islam Hamassa STEI Al-Ishlah Cirebon (2021-2022)
2. Kepala divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia - Dewan Mahasiswa STEI Al-Ishlah Cirebon 2022-2023
3. Koordinator Host dan Tim Narator, Event Organizer, Ketua Paguyuban Miss Hijab Jawa Barat 2023

Tags:

Cantik De' Ayu Komayati Runner Up 3 Miss Hijab Indonesia 2023 pembangunan DESA