Didukung Ladara, UMKM Binaan Ikawati ATR/BPN Capai 3.216

Editor: Irwansyah

3 November 2022 03:06 3 Nov 2022 03:06

Thumbnail Didukung Ladara, UMKM Binaan Ikawati ATR/BPN Capai 3.216 Watermark Ketik
Ketua Pembina Ikawati ATR/BPN Nanny Hadi Tjahjanto (dua dari kanan) bersama Nurlaili Raja Juli Antoni saat melihat kerajinan mutiara di Lombok. (Foto: Dok. Ketik)

KETIK, JAKARTA – Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan roda penggerak perekonomian nasional, terutama di masa pemulihan pascapandemi. 

Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Ikawati ATR/BPN) Republik Indonesia bersama marketplace Ladara membina pelaku UMKM di Indonesia. 

Di bawah kepemimpinan Menteri Hadi Tjahjanto, Kementerian ATR/BPN melakukan MoU dengan Ikawati sejak 25 Juli 2022 untuk pemberdayaan pelaku UMKM di Indonesia. 

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mendeklarasikan UMKM naik kelas dan memasukkan dalam lima
Besar agenda Nasional, pada saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2022 di Gedung DPR RI.

Ketua Pembina Ikawati ATR/BPN RI Nanny Hadi Tjahjanto melaporkan, tim Ikawati dalam kurun waktu sekitar tiga bulan terus aktif bergerak melakukan pendataan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

"Data kami per 3 November 2022 ada 3.216 pelaku UMKM binaan Ikawati Kanwil BPN se Indonesia. Dari angka tersebut, 337 UMKM sudah buka toko di aplikasi Ladara," kata Nanny, Kamis (3/11/2022). 

Kepada media ini, ia menjelaskan seluruh UMKM binaan Ikawati ATR/BPN akan dibantu untuk go digital dan meningkatkan pemasaran melalui aplikasi marketplace Ladara. 

Nanny membeberkan data omset transaksi pameran atau bazar selama rangkaian Hantaru 2022 pada September lalu yang diikuti Ikawati Kantah Kabupaten/Kota di Indonesia mencapai Rp 3,1 miliar. 

"Mereka bersyukur terutama untuk pemula Ikawati BPN yang baru mengenal UMKM sudah bisa mencapai progres seperti itu," ucapnya. 

Sebagai wadah terbuka dan membawa UMKM naik kelas, Marketplace Ladara bersama Ikawati ATR/BPN menggelar Indonesia UMKM Expo 2022 di Gambir Expo, JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Kamis hingga Selasa (3-8/10/2022). 

Nanny Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ajang promosi berskala nasional bagi produk unggulan di setiap daerah. 

Selain itu, Indonesia UMKM Expo mendorong peluang pasar domestik serta menjadi peluang potensi pasar global dan go digital. Demikian juga untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri. 

"Gelaran ini diharapkan menjadi pestanya para pelaku UMKM. Ini perdana dan akan kamu rutinkan setiap tahun menjadi expo UMKM terbaik di Indonesia," ungkapnya. 

Pihaknya menyadari banyak Kementerian dan lembaga yang menggelar pameran untuk pelaku UMKM. Namun hadirnya Indonesia UMKM Expo akan menjadi pembeda dengan pameran UMKM lainnya. 

Indonesia UMKM Expo yang perdana ini dicanangkan untuk menjadi pelopor berkumpulnya para pelaku UMKM di seluruh tanah air pada tahun depan. Pre

"Kita siapkan menjadi ajang pestanya para pelaku UMKM di Indonesia," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

IKAWATI ATR/BPN UMKM LaDaRa