Dihadiri Gamal dan Lathifah, PDPM-PDNA Gelar Dialog Malang Raya Mencari Pemimpin

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

11 Agustus 2024 14:00 11 Agt 2024 14:00

Thumbnail Dihadiri Gamal dan Lathifah, PDPM-PDNA Gelar Dialog Malang Raya Mencari Pemimpin Watermark Ketik
Para Pemateri Malang Raya Mencari Pemimpin ketika berfoto bersama usai pelantikan PCPM-PCNA se Kabupaten Malang. (Foto : Tangkapan Layar YouTube)

KETIK, MALANG – Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah dan Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDPM-PDNA) Kabupaten Malang, menggelar dialog Malang Raya Mencari Pemimpin, Minggu, (11/8/2024). Kegiatan yang diselenggarakan di UMM Campus ini dihadiri dua tokoh penting.

Yakni Gamal Albinsaid dan Hj Lathifah Shohib yang merupakan tokoh politik di Malang Raya. Sekadar diketahui, Gamal yang merupakan Politisi PKS menjadi Anggota DPR RI Terpilih.

Sedangkan Hj Lathifah Shohib merupakan eks Anggota DPR RI yang saat ini diproyeksikan menjadi Cawabup Malang oleh Petahana Bupati Malang Sanusi di Pilbup Malang 2024.

Hadir pula pada kesempatan itu, PDM Kabupaten Malang  Nurul Humaidi, Bacawali Kota Malang Ali Muthohirin dan Ketua KNPI Kabupaten Malang Zulham A Mubarrok.

Dialog itu dilakukan usai pelantikan pengurus PCPM-PCNA se Kabupaten Malang.  Ketua PDPM Kabupaten Malang Ana Ahsanul Huda menjelaskan terkait digelarnya dialog tersebut.

Foto Flyer Malang Raya Mencari PemimpinFlyer Malang Raya Mencari Pemimpin

"Ada satu hal yang saya ingat disampaikan oleh Profesor Muhadjir Effendy ketika membuka muktamar Muhammadiyah. Beliau menyampaikan bahwa ruang gerak Muhammadiyah bisa diklasifikasikan dalam tiga bagian," ujarnya pada sambutan.

Tiga bagian itu yang pertama adalah Gerakan Muhammadiyah merupakan gerakan organisasi. Kedua, gerakan sosio denominator dan yang ketiga Muhammadiyah ada di gerakan State of Mind.

"Dari tiga klasifikasi tersebut, mungkin kita saat ini bergerak di bidang organisasi. Yang kemudian, disebutkan struktural mulai tingkat pusat dan hingga ranting," ucapnya.

Pihaknya saat ini juga memiliki PR agar memfasilitasi ruang gerak Muhammadiyah di dua bidang yakni Sosio denominator dan State of Mind. Sosio denominator lanjut dia, ada tokoh maupun birokrat yang pernah berpendidikan Muhammadiyah tapi tidak bergerak di Muhammadiyah.

Kemudian State of Mind adalah kader yang bukan Muhammadiyah. "Tapi itu seorang muslim yang berpikiran berkemajuan, itu bisa dikatakan sudah bergerakan Muhammadiyah," tegasnya.

Dua bidang itulah kata ia, wajib untuk diwadahi dan menjadi PR Pemuda Muhammadiyah. "Untuk itu, beliau yang saat ini kita undang seperti Bu Nyai Lathifah ini yang mempunyai gerakan State of Mind. Sehingga layak Bu Lathifah disebut sebagai Kader Muhammadiyah," katanya 

Maka dari itu, pihaknya mengundang para narasumber tersebut pada kesempatan ini untuk sharing, diskusi dan berbagi pengalaman. Terutama sesuai dengan tema yakni Malang Raya Mencari Pemimpin. 

Sebagai informasi, jalannya diskusi berlangsung gayeng dan menarik. Satu per satu para pemateri yang merupakan politisi tersebut menyampaikan pengalaman serta materinya secara bergantian.,(*)

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Gamal Lathifah Ali Muthohirin PDPM PCNA Kabupaten Malang Muhammadiyah Malang Raya Mencari Pemimpin