Dukung Jurnalisme Berkualitas, Pj Gubernur Jatim Dorong Kemandirian Perusahaan Media

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Muhammad Faizin

25 Juli 2024 13:30 25 Jul 2024 13:30

Thumbnail Dukung Jurnalisme Berkualitas, Pj Gubernur Jatim Dorong Kemandirian Perusahaan Media Watermark Ketik
Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono dalam sambutannya di acara 'Jatim Media Summit 2024 '. (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono mengajak semua media agar bisa menjadi perusahaan yang mandiri dan profesional. Hal itu dipaparkan dalam acara 'Jatim Media Summit 2024' yang diselenggarakan Suara.com, Beritajatim.com dan anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI),

Dalam sambutannya di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024), Adhy mengatakan perusahaan media harus mampu menghidupi diri sendiri agar lantang dan tegar menyuarakan berita dari suara hati masyarakat.

Kemandirian ini, katanya, bisa diperoleh dengan menggarap ekosistem lain, yakni unit entrepreneurship secara ekonomi. 

Ini penting dilakukan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan media di tengah gempuran tutupnya beberapa perusahaan media.

"Tidak cukup wartawan berita kalau iklannya tidak masuk dan tidak ada pemasukan lain," kata Adhy. 

Ia menyebut seorang wartawan yang notabenenya terbiasa dengan online, bisa berbisnis lain yang berhubungan dengan media atau kemampuan digitalisasi. 

"Kami mendukung platform digital bisa melahirkan jurnalisme berkualitas. Maka dari itu pentingnya membentuk lingkungan ekosistem yang sehat untuk mendorong kemandirian perusahaan media," papar Adhy. 

Terlebih tahun ini memasuki tahun demokrasi, yang mana media online menjadi senjata ampuh dalam pesta demokrasi. Media online akan menjadikan para birokrat, eksekutif, legislatif, dan masalah konsistensi politik jadi sasaran empuk pemberitaan. 

Ia menginginkan adanya sinergi semua pihak, birokrasi dengan lingkungan sekitar, politik, ekonomi, dan semua bidang.

Karena media menjadi pemangku kepentingan yang sangat penting dan strategis. Dengan kata lain, media bisa sekejap saja memengaruhi situasi dan melenyapkan semuanya. Tapi juga sebaliknya, bisa membuat viral dan terkenal.

"Maka dari itu di acara ini kami ingin mendapatkan pembelajaran tentang bermedia yang baik. Kedua bagaimana memanage perusahaan media yang profesional, dan bisa menghasilkan berita akurat dan terpercaya untuk masyarakat," katanya.

Tombol Google News

Tags:

Jatim Media Summit 2024 Adhy karyono Media online Jurnalisme Berkualitas Ekosistem Media