Festival Marabose Segera Digelar, Sultan Muhammad Irsyad Bakal Ikut Napak Tilas Kesultanan Bacan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

20 Juni 2024 13:13 20 Jun 2024 13:13

Thumbnail Festival Marabose Segera Digelar, Sultan Muhammad Irsyad Bakal Ikut Napak Tilas Kesultanan Bacan Watermark Ketik
Kadisparbud Halsel Ali Dano Hasan (Foto: Humas Disparbud Halsel)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Festival Marabose III di Halmahera Selatan, Maluku Utara akan segera digelar sejak 23 hingga 26 Juni 2024.

Festival kebudayaan ini akan digelar dengan serangkaian acara. Mulai dari Napak Tilas Kesultanan Bacan, Kirab Budaya, Expo Kuliner, dan Seribu Menu Forikan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Halmahera Selatan, Ali Dano Hasan mengatakan, pegelaran Festival Marabose tetap dipusatkan di kawasan UMKM Milenial, Kecamatan Bacan Selatan.

Namun untuk kegiatan Napak Tilas, akan dimulai dari Desa Daori Tahane Kecamatan Pulau Makian.

Dari Desa Daori, rombongan Napak Tilas yang terdiri dari perangkat adat Kesultanan Bacan dan Pemkab Halmahera Selatan, bakal memulai perjalanan kemaritiman menggunakan perahu dan speedboat ke beberapa tempat yang pernah disinggahi Sultan Bacan pertama, Muhammad Al Bakir.

"Dari Daori, rombongan menuju ke Boki Maake, Talimau, Ompuasal dan terkahir berlabuh di Bacan. Dalam Napak Tilas yang dilakasanakan 23 Juni, ada ritual yang dilakukan," ujar Ali, Kamis (20/6/2024).

Foto Berbagai agenda Festival Marabose III (Foto: Foto Humas Disperbud Halsel)Berbagai agenda Festival Marabose III (Foto: Foto Humas Disperbud Halsel)

Ali Dano mengatakan, selain Sultan Bacan ke-22, Muhammad Irsyad Maulana Syah, Napak Tilas Kesultanan Bacan juga akan diikuti Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba.

"Untuk sultan, dua hari sebelum Napak Tilas dimulai, beliau mungkin sudah di Desa Daori. Ini sekaligus silaturrahmi dengan keluarga di sana," jelasnya.

Sementara kegiatan-kegiatan lain yang digagas dalam Festival Marabose, pelaksanaannya tetap terpusat di UKM Milenial.

Ali menyebut, ada panggung yang disediakan untuk perhelatan tarian tradisional, pentas seni hingga pameran produk dan kuliner khas daerah.

"Insyaallah, seluruh paguyuban yang ada di Halmahera Selatan dilibatkan. Kita meminta dukungan masyarakat agar Festival Marabose kali ini bisa berjalan sukses," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Halsel Festival Marabose