Gagal CPNS Tak Perlu Nangis, Ini Alternatif Profesi Lain yang Menjanjikan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

20 Oktober 2023 05:03 20 Okt 2023 05:03

Thumbnail Gagal CPNS Tak Perlu Nangis, Ini Alternatif Profesi Lain yang Menjanjikan Watermark Ketik
Ilustrasi mencari pekerjaan. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Telah tiba masa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ketatnya persaingan, membuat tidak semua pelamar mendapat kesempatan lolos menjadi abdi negara.

Jika kalian salah satu orang yang tidak lolos penerimaan CPNS dan PPPK, tidak perlu terlalu lama menangis hingga mengering air mata. PNS atau PPPK bukanlah satu-satunya pekerjaan yang bisa menjamin kebutuhan hidup kalian. Meskipun mendapatkan uang pensiunan, namun masih banyak alternatif pekerjaan lain yang juga menjanjikan.

Berikut alternatif pekerjaan selain PNS dan PPPK versi Ketik.co.id!

 

1. Digital Marketer

Perkembangan teknologi menjadi faktor yang membuat sistem pemasaran konvensional beralih ke digital. Lingkup kerja digital marketer cukup luas mulai dari search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, influencer marketing, email marketing, hingga social media management. Pekerjaan ini memberikan kesempatan karir yang luas serta tidak terbatas pada jurusan tertentu saja.

 

2. Pengusaha

Dengan menjadi pengusaha, kalian justru memiliki otoritas terhadap diri kalian dan pekerjaan yang kalian jalani. Selain sentuhan eksternal, berkembangnya bisnis yang dijalankan akan bergantung pada kapasitas diri kalian. Jika mahir membuat peluang dan strategi maka keuntungan yang didapat pun akan semakin besar. 

 

3. Freelancer

Menjadi pekerja lepas atau freelancer sangat cocok bagi kalian yang ingin hidup bebas, fleksibel, dan leluasa. Banyak sekali pekerjaan lepas yang dapat kalian ambil sesuai kemampuan. Mulai dari penulis, desain, animasi, dan kerjaan lainnya. Di sini kalian perlu memaksimalkan potensi dan portofolio yang dimiliki. Setelah itu mulailah membangun jejaring supaya kinerjamu diakui dan tetap dibutuhkan. 

 

4. Pegawai BUMN

Pekerjaan yang menjanjikan lainnya selain PNS dan PPPK ialah menjadi pegawai BUMN. Kalian bisa mendapatkan fasilitas yang tak kalah lengkapnya dari PNS, seperti asuransi, dana pensiun, tunjangan, dan insentif jabatan. 

Masih banyak pekerjaan lain yang membawamu menuju kesuksesan. Menjadi PNS bukanlah satu-satunya cara menjamin masa depanmu. Ingat, banyak jalan menuju Roma!

Untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang menjamin masa depanmu, jangan pernah lelah untuk belajar dan menambah kapasitas diri. Jangan terburu-buru minder dan down saat mendengar teman atau kerabat kalian lolos CPNS maupun PPPK, sementara kalian tidak. 

Rajinlah mencari peluang pekerjaan lain secara rutin. Kalian bisa memantau situs-situs pencari kerja yang terpercaya seperti laman lowongan pekerjaan yang dimiliki Ketik.co.id

Teruslah semangat dan jangan menyerah!

Tombol Google News

Tags:

CPNS 2023 PPPK 2023 Pengumuman CPNS Gagal CPNS alternatif pekerjaan pekerjaan selain CPNS