Simak! Tips Lolos Seleksi CPNS 2023

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

21 September 2023 03:39 21 Sep 2023 03:39

Thumbnail Simak! Tips Lolos Seleksi CPNS 2023 Watermark Ketik
Suasana ujian test CPNS dan PPPK. (Foto: Dok MenPAN RB)

KETIK, JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Registrasi sudah bisa dilakukan sejak 20 September 2023.

Salah satu rangkaian seleksi CPNS 2023 yang akan dilalui adalah seleksi kompetensi. Para pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Berikut tips sukses dalam seleksi kompetensi agar bisa lolos CPNS 2023:

Pelajari Kisi-Kisi Soal

Peserta  harus mengetahui kisi-kisi soal tes CPNS, baik untuk Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) maupun Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Dengan begitu, proses belajar lebih terarah.

Banyak Berlatih

Setelah mengetahui kisi-kisi soal, peserta harus banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal ujian CPNS tahun-tahun sebelumnya. Bisa juga menggunakan contoh soal yang tersebar di internet.

Perhatikan Teknis Tes

Teknis tes juga penting untuk diperhatikan saat mengikuti ujian CPNS. Peserta harus mengetahui aturan penskoran karena akan berpengaruh terhadap nilai akhir yang menentukan kelulusan. 

Manajemen Waktu

Peserta harus bisa mengatur waktu pengerjaan soal. Jangan sampai terjebak pada soal yang membutuhkan penyelesaian cukup lama. Manajemen waktu bisa dilatih dengan mengerjakan soal menggunakan timer.(*)

Tombol Google News

Tags:

tips seleksi CPNS CPNS 2023