Gempa Guncang Selandia Baru, Gedung-Gedung Bergetar

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

16 Februari 2023 00:00 16 Feb 2023 00:00

Thumbnail Gempa Guncang Selandia Baru, Gedung-Gedung Bergetar Watermark Ketik
Ilustrasi gempa Selandia Baru. (Foto: Pixels)

KETIK, SURABAYA – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,7 mengguncang Ibu Kota Selandia Baru, Wellington Rabu (15/2/2023). Penduduk melaporkan merasakan sentakan tiba-tiba dan bangunan bergetar.

Survei Geologi AS mengatakan gempa Selandia Baru itu berkekuatan 5,7 pada skala magnitudo (M), dengan pusat gempa di Selat Cook di antara dua pulau utama negara itu.

"Guncangan besar di sana! Gempa berkekuatan 6,0, kedalaman 57 km, 50 km barat laut Paraparaumu dirasakan secara luas di Pulau Utara," kata badan Pertahanan Sipil Selandia Baru.

Selandia Baru sebelumnya dihantam Topan Gabrielle, dan upaya pemulihan dimulai. Belum ada laporan kerusakan, dan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Namun warga melaporkan merasakan tanah bergetar selama 10 hingga 20 detik, menyamakannya dengan konvoi truk raksasa yang melintas.

Gempa tersebut terjadi saat pembersihan sedang berlangsung dari sisa-sisa topan dahsyat, yang menewaskan empat orang dan menyebabkan kerusakan luas di Pulau Utara.

"Ini menjadi saat yang sangat menegangkan bagi orang-orang - jaga dirimu dan orang-orang di sekitarmu," kata badan pertahanan sipil Selandia Baru lagi dilansir Reuters.(*)

Tombol Google News

Tags:

gempa Selandia Baru gedung gedung bergetar