Gibran Dapat Giliran Penyampaian Visi-Misi Pertama di Debat Cawares Besok, Ini Penjelasan KPU

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

21 Desember 2023 13:36 21 Des 2023 13:36

Thumbnail Gibran Dapat Giliran Penyampaian Visi-Misi Pertama di Debat Cawares Besok, Ini Penjelasan KPU Watermark Ketik
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama jajaran komisioner KPU RI dalam konferensi pers (21/12/2023) (Foto: Dea/Suara.com)

KETIK, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan debat capres pada Jumat besok (22/12/2023) dimulai dari calon wakil presiden nomor 2, Gibran Rakabuming Raka. Pasalnya, pada debat capres pertama pada 12 Desember lalu urutan penyampaian visi-misi, program kerja diawali dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

“Pada debat kedua nanti, visi-misi, program akan dimulai oleh cawapres nomor urut 2,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis, (21/12/2023).

Begitu untuk selanjutnya, debat calon presiden berikutnya penyampaian visi-misi dan program kerja akan disampaikan oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

“Jadi, dimulainya debat capres atau cawapres nomor urut sekian disesuaikan dengan debat babak pertama kemarin,” jelas Hasyim dilansir dari Suara.com media jejaring nasional Ketik.co.id.

Hasyim melanjutkan, tidak ada perubahan format debat. Format debat sama seperti debat capres yang terdiri dari enam segmen. Segmen pertama adalah penyampaian visi-misi, program kerja oleh masing-masing calon wakil presiden.

Debat lantas dilanjutkan dengan masing-masing cawapres menjawab pertanyaan dari moderator yang sudah dirumuskan oleh 11 panelis pada segmen kedua dan ketiga.

"Segmen keempat dan kelima itu nanti masing-masing calon wakil presiden diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon wakil presiden yang lain," tutur Hasyim.

Kemudian, debat terakhir akan menjadi kesempatan bagi ketiga cawapres menyampaikan pernyataan penutup.

Di debat kedua ini KPU menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator. Alfito merupakan Pemimpin Redaksi Detikcom sementara Liviana adalah pembawa berita dan produser Kompas TV. Acara debat kedua berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB. (*)

Tombol Google News

Tags:

debat capres Debat Cawapres KPU RI pilpres2024 pemilu2024