Grace Tahir, Saksi Baru Kasus Pencucian Uang Rafael

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

12 Mei 2023 07:00 12 Mei 2023 07:00

Thumbnail Grace Tahir, Saksi Baru Kasus Pencucian Uang Rafael Watermark Ketik
Grace Tahir. (Foto: Instagram/gtahirs)

KETIK, JAKARTA – Namanya mencuat di publik setelah Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) memanggilnya sebagai saksi kasus Rafal Alun Trisambodo. Dia adalah Grace Dewi Riady atau sering disebut Grace Tahir.

Dia adalah putri kedua dari empat bersaudara salah satu keluarga terkaya di Indonesia yakni pasangan pendiri Mayapada Grup Dato Sri Tahir dan Rosy Riady.

Seperti diketahui, KPK menduga Rafael Alun melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Grace, pada Kamis (11/5/2023), diperiksa sebagai saksi.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan pemeriksaan Grace dilakukan di Gedung Merah Putih KPK.

"Hari ini (Kamis, 11/5) pemeriksaan saksi TPK gratifikasi terkait pemeriksaan perpajakan pada Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI untuk Tersangka RAT," kata Ali Fikri, dikutip pada Jumat (12/5/2023).

"Pemeriksaan dilakukan di gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada Kaveling 4, Jakarta Selatan, atas nama sebagai berikut, Grace Dewi Riady," sambungnya.

KPK memeriksa Grace untuk mengetahui keterkaitan dirinya dalam kasus pencucian uang, atau mungkin adanya kasus lain. Bersama Grace, KPK memeriksa tiga orang lagi yang sama-sama diperiksa sebagai saksi.

Tiga orang tersebut terdiri dari Albertus Katu dan Timothy Wiliam dari pihak swasta, serta pensiunan bernama Imam Pamudji.

Grace merupakan Presiden Direktur Mayapada Hospital. Grace juga diketahui menjabat sebagai CEO, sekaligus pendiri, Medico. Medico adalah bisnis penyedia layanan manajemen klinik dan telemedicine.
Dia tercatat aktif sebagai Komisaris Utama PT Maha Properti Indonesia Tbk. (MPRO). MPRO adalah emiten yang bergerak dalam bidang properti.

Grace diketahui menikah dengan Ronald Kumalaputra. Ronald Kumalaputra adalah Direktur Utama PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO). Ronald ditunjuk sebagai Dirut untuk menggantikan almarhum William Tandiono yang meninggal dunia tahun lalu.

Selain aktif mengelola bisnis keluarga, Grace juga aktif mengisi platform medianya, Media Everest. Grace memiliki acara talkshow khusus yang tayang di YouTube, yakni Iso-Late Show. Dalam salah satu episode Iso-Late Show, Grace pernah mengundang ayahnya Dato Sri Tahir hingga artis Raffi Achmad. (*)

Tombol Google News

Tags:

Grace Tahir Rafael saksi baru pencucian uang