Graduasi Pena di Kabupaten Malang, Mensos RI Sebut 135 KPM Naik Kelas

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

31 Oktober 2023 14:56 31 Okt 2023 14:56

Thumbnail Graduasi Pena di Kabupaten Malang, Mensos RI  Sebut 135 KPM Naik Kelas Watermark Ketik
Mensos RI Tri Rismaharini ketika Graduasi Pena di Kabupaten Malang. (Foto : Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Mensos RI Tri Rismaharini menyebut sebanyak 135 KPM (Keluarga Penerimaan Manfaat) di Kabupaten Malang, saat ini sudah mandiri, sehingga tidak menerima bantuan sosial. Hal ini dikatakan Risma ketika graduasi atau perayaan "kelulusan" Pena (Pahlawan Ekonomi Nusantara) Malang Raya di Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa, (31/10/2023) sore.

"Mereka dipilih sebagai penerima bantuan sosial. Kemudian, kita training. Itu tadi dari 443 KPM, sebanyak 135 KPM diantaranya telah keluar (Lulus)," ujar Mensos RI Tri Rismaharini kepada awak media.

Ia mengatakan, Program Pena merupakan instruksi Presiden Jokowi. Dalam hal ini adalah dalam rangka pengentasan kemiskinan termasuk yang ada di Malang Raya.

"Karena Bapak Presiden menyampaikan 2024 kemiskinan ekstrim harus keluar," sebut Risma.

Menurutnya, mereka yang lulus dan mandiri sudah memiliki usaha. Sedangkan mayoritas usahanya adalah produk makanan olahan yang dibuat sendiri dibantu melalui Program Pena.

"Hampir 99 persen sudah memiliki izin. Kemudian sekarang ini kita lagi makeover packaging atau pengemasannya dan brandingnya. Sehingga mereka bisa masuk ke tingkatan atas," katanya.

Lanjut mantan Wali Kota Surabaya ini, para KPM sudah menyampaikan usulan agar produk mereka berstandar. Terlebih produk yang dihasilkan merupakan makanan olahan.

"Karena makanan, mungkin kita ke BPOM untuk proses izin BPOMnya," terangnya. Menurutnya, ratusan KPM yang telah mandiri tersebut sudah tidak Terima Bantuan sosial lagi 

"Bulan depan mereka sudah tidak terima bantuan sosial," terang Politisi PDI Perjuangan tersebut. Pihaknya tetap memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap KPM yang sudah lulus itu.

Termasuk diberikan pengetahuan untuk manajemen dan pengembangan usahanya. Agar mereka tidak kembali lagi ke kemiskinan ekstrim lagi dan usahanya dapat terus berkembang.

"Itu sangat penting sekali. Kita kerjasama dengan BI untuk memberikan literasi keuangan. Bagaimana pengelolaan keuangan itu agar bisa bertahan dan itu untuk pengembangan usaha dan masa depan mereka," ungkapnya

Bahkan kata Risma, pihaknya memberikan pembinaan lebih luas lagi. "Kita berikan bagaimana asuransi pendidikan, asuransi pensiun, asuransi kesehatan," tuturnya.

Sebagai informasi, hadir pada Graduasi Program Pena ini, anggota DPR RI Ir Andreas Eddy Susetyo dari dapil Malang Raya dan Pj Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mensos Program Pena Tri Rismaharini Graduasi Pena Keluarga Penerima Manfaat Malang