Guru Besar Unesa Terima Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Jepang

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

3 November 2023 20:10 3 Nov 2023 20:10

Thumbnail Guru Besar Unesa Terima Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Jepang Watermark Ketik
Guru Besar Unesa Djodjok Soepardjo saat menerima surat pemberitahuan dan ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Jepang. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt, menerima penghargaan Bintang Jasa “The Order of The Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon” dari Pemerintah Jepang. 

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap pengabdian yang luar biasa terhadap upaya Djodjok dalam mempererat persahabatan antara Jepang dan Indonesia di bidang akademik.

Selama bertahun-tahun, diirinya berperan aktif dalam memperluas pertukaran mahasiswa antara kedua negara baik sebagai dosen Bahasa Jepang di Unesa maupun di I’Mc Center.  Sebagai pakar bahasa Jepang, dirinya mendorong pengembangan studi Bahasa Jepang di Indonesia. 

"Konsulat Jenderal Jepang untuk Surabaya langsung memberitahu saya dan mengirim surat ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Jepang,"jelas Djodjok, Jumat (3/11/2023).

Lebih lanjut dalam oengabdiannya pria kelahiran Tasikmalaya tersebut mengembangkan kursus bahasa Jepang dengan menyasar berbagai kalangan melalui International Multicultural (I'Mc) Center. Djodjok memiliki kontribusi yang besar dalam penguatan jaringan pengajar bahasa jepang.

" Saya dinilai oleh Pemerintah Jepang sebagai jembatan yang mempererat hubungan Indonesia dan Jepang, serta membantu memperdalam pemahaman kedua negara di bidang akademik," tambahnya.

Sebagai informasi, Penghargaan ‘The Order of the Rising Sun’ merupakan salah satu penghargaan tertinggi dari Pemerintah Jepang. Penyerahan Bintang Jasa dijadwalkan akan dilaksanakan dalam sebuah upacara resmi di Surabaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Guru Besar sastra jepang bahasa jepang Unesa pemerintah Jepang Pertukaran pelajar Kontribusi