HP Tak Bisa Diisi Daya, Lakukan 3 Cara Mudah Berikut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 13:25 9 Apr 2024 13:25

Thumbnail HP Tak Bisa Diisi Daya, Lakukan 3 Cara Mudah Berikut Watermark Ketik
Ilustrasi Charger Handphone. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Ada kalanya saat mengisi baterai handphone, kita mendapati arus listrik tidak dapat masuk untuk mengisi daya. Alih alih panik, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Banyak hal yang menjadi penyebab baterai handphone tidak dapat di isi daya. Daripada membawanya ke service center terdekat anda dapat melakukan beberapa langkah untuk melakukan pemeriksaan dan mencari solusi hal tersebut.

Berikut ini kami ulas beberapa tips yang bisa pengguna lakukan jika menghadapi masalah pengisian daya secara umum untuk handphone.

1. Periksa sumber listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek sumber listrik. Salah satunya adalah sumber listrik dari adaptor charger, apakah bisa mengalirkan listrik sesuai dengan spesifikasi handphone atau tidak.

Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa port pengisi daya satu per satu. Coba sambungkan perangkat ke port lain dan pastikan tidak ada perangkat lain yang tersambung. 

 

2. Restart handphone 

Sebagian besar ponsel memiliki screensaver yang menunjukkan persentase pengisian daya ponsel saat dimatikan. Matikan Handphone dan colokkan pengisi daya untuk melihat apakah baterai terisi.

Jika baterai terisi saat perangkat mati, namun berhenti saat pengguna menghidupkannya, mulai ulang baterai dalam mode aman untuk menyingkirkan aplikasi apa pun yang mungkin menyebabkan masalah. Hal ini biasanya dilakukan dengan menekan tombol power dan tombol volume atas atau bawah secara bersamaan.

Jika mode aman menyelesaikan masalah, lakukan pembaruan perangkat lunak atau identifikasi aplikasi yang menyebabkan masalah dan hapus instalannya.

 

3. Bersihkan konektor

Salah satu penyebab handphone tidak bisa di charger salah satunya karena terdapat kotoran di lubang konektor, hal ini menyebabkan konektor tidak dapat tersambung sempurnya sehingga daya listrik tidak bisa masuk ke handphone.

Ada baiknya dilakukan pengecekan di lubang konektor dan lalukan pembersihan jika ditemukan adanya kotoran. Saat membersihkan hindari menusukkan benda tajam ke port pengisian daya, karena dapat merusak konektor.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Handphone konektor adaptor Tidak mau isi daya Baterai Restart