Hujan Deras Sebabkan Banjir Lumpur di Sidomulyo Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

8 Januari 2024 02:07 8 Jan 2024 02:07

Thumbnail Hujan Deras Sebabkan Banjir Lumpur di Sidomulyo Kota Batu Watermark Ketik
Pj Wali kota Batu terjun bersama warga membersihkan lumpur banjir di Dusun Tinjumoyo, Desa Sidomulyo, Kota Batu, Minggu (7/1/2024) malam. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Dusun Tinjumoyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu dilanda banjir, Minggu (7/1/2024) sore. Banjir yang merendam rumah warga itu diakibatkan meluapnya sungai di desa tersebut. Banjir yang disebabkan hujan deras tersebut membawa material lumpur yang masuk ke rumah warga.

 Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terjun langsung untuk mendampingi BPBD Kota Batu dibantu dengan relawan peduli bencana membersihkan lumpur banjir itu.

"Saat ini kami terus berupaya untuk mendampingi proses pembersihan sisa banjir yang masuk ke rumah warga maupun di jalanan dibantu oleh relawan, masyarakat, BPBD, Pemadam Kebakaran, dan TNI/Polri," katanya.

Aries mengatakan banjir ini selain disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi ditambah persoalan sampah baik ranting pohon, bambu, dan sampah rumah tangga yang menutupi pintu air. Sehingga aliran air tersebut meluap hingga ke rumah warga.

"Kami melarang masyarakat untuk membuang sampah sembarangan terutama di sungai," tegasnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, pihaknya memantau banjir tersebut akibat sumbatan sampah di sungai. Pihaknya, segera melakukan pembersihan di sungai untuk melancarkan aliran sungai.

"Selain itu, hujan deras selama satu jam lebih yang mengguyur sisi Utara Kota Batu menjadi sebab derasnya aliran sungai. Kemudian aliran sungai tersumbat sehingga mengakibatkan terjadinya banjir sampai masuk ke beberapa rumah warga," ulasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu banjir Hujan deras Desa Sidomulyo