IKA Unpad, Undip, Unair, IPB, ITS, Himpuni hingga Timur Tengah Hadiri Pertemuan IKA UB di Jakarta

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Agustus 2023 18:15 28 Agt 2023 18:15

Thumbnail IKA Unpad, Undip, Unair, IPB, ITS, Himpuni hingga Timur Tengah Hadiri Pertemuan IKA UB di Jakarta Watermark Ketik
Muslich Ramelan Ketua Penyelenggara didampingi Lukman Edy Presidium IKA UB saat menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan organisasi Ikatan Alumni dari kampus ternama di Indonesia, dalam acara 43 tahun IKA UB di Jakarta. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Peringatan HUT ke-43 Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) yang digelar di Pondok Indah Golf Club House, Jakarta pada Senin (28/8/2023) semakin istimewa dengan hadirnya 100 lebih alumni UB dan beberapa organisasi Ikatan Alumni dari kampus-kampus ternama. 

Refleksi 43 tahun perjalanan panjang IKA UB yang mengusung tema Alumni Berjuang dan Bersatu, Pengabdian Nyata Tanpa Henti ini dihadiri oleh para tokoh senior alumni dan Presidium IKA UB.

Tampak hadir perwakilan Ikatan Alumni dari Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (HIMPUNI) hingga Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI). 

Pengurus Pusat IKA UNAIR Kol (Wara) Ratih Pusparani mengungkapkan bangga bisa diundang dan menghadiri momen bersejarah IKA UB yang menginjak 43 tahun. 

"Suatu kehormatan bagi kami bisa ikut merayakan 43 tahun IKA UB. Semoga IKA UB semakin profesional, mantap dan menginspirasi adik-adik mahasiswa untuk punya cita-cita tinggi karena mbak mbak dan mas mas nya berhasil," kata perempuan yang bekerja di bidang Pengkajian Lemhannas RI itu. 

Ia berharap antara IKA UNAIR dan IKA UB bisa kompak untuk bersama-sama meningkatkan rasa kebangsaan bagi keluarga besar alumni perguruan tinggi.

"Rasa nasionalisme harus dipupuk mulai dari mahasiswa hingga para alumninya. Kalau bukan kita siapa lagi, kan gak mungkin dari negara lain," ucapnya. 

Foto Refleksi 43 tahun perjalanan panjang IKA UB. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Refleksi 43 tahun perjalanan panjang IKA UB. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Senada, Ketua Presidium III HIMPUNI (Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia) Akhmad Muqowam juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-43 untuk IKA UB. 

Menurutnya, perjalanan panjang ini harus dimaknai dengan semangat kebersamaan dan solidaritas sehingga IKA UB bisa mencapai di usianya yang ke-43 tahun.

"Membawa kebersamaan ini tidak mudah. Pengalaman kita macam-macam. Saya menyaksikan temen-teman IKA UB menjadi pionir dalam pembentukan HIMPUNI ini," ungkap Pengurus Pusat IKA UNPAD. 

Sementara itu, Ketua Umum PB JATTI (Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia) Febrian Amanda menyampaikan bahwa kegiatan refleksi perayaan ulang tahun seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap almamater. 

"Saya bersyukur bisa diundang oleh IKA UB dan saya lihat acara seperti ini sangat bagus sekali mengikat silaturahim sesama alumni. Semoga IKA UB semakin sukses dan selamat ulang tahun," jelasnya. 

Muslich Ramelan selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada 100 lebih alumni IKA UB se-Indonesia yang hadir secara langsung di Jakarta. 

Terlebih kepada para ketua Ikatan Alumni dari kampus-kampus terkenal di Indonesia atau yang mewakili. Sehingga, kata Muslich, kegiatan ini bisa berjalan sukses dengan dukungan banyak pihak. 

Kegiatan refleksi ini diharapkan bisa menggelorakan semangat untuk membangun kecemerlangan IKA UB. Sehingga para alumnus universitas yang berbasis di Kota Malang itu mampu berkontribusi kepada kampus maupun negara.

”Karena setahu saya di universitas manapun di dunia ini, peran alumni sangat sentral untuk membesarkan universitasnya bahkan memengaruhi kegiatan yang diperankan oleh negara,” ungkap Gus Muslich.

Puluhan karangan bunga juga memadati areal Pondok Indah Golf Club House di Jakarta. Kegiatan refleksi juga diisi dengan testimoni para alumni dan tokoh senior yang menceritakan kisah-kisah perjuangan dalam mengabdi kepada Universitas Brawijaya melalui IKA UB. (*)

Tags:

IKA UB UB Ikatan Alumni UB Universitas Brawijaya Undip UNPAD ITS Unair IPB JATTI Himpuni