Ikawati Kanwil BPN Jatim Berhasil Gandeng 367 UMKM Naik Kelas 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Millah Irodah

9 Oktober 2022 08:52 9 Okt 2022 08:52

Thumbnail Ikawati Kanwil BPN Jatim Berhasil Gandeng 367 UMKM Naik Kelas  Watermark Ketik
Acara Pertemuan Rutin Ikawati di Lingkungan Kanwil BPN Jatim di Novotel Samator. (Foto: Dok. Ketik) 

KETIK, SURABAYA – Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Kantor Wilayah  Badan Pertanahan Nasional Provinsi  Jawa Timur atau Ikawati Kanwil BPN Jatim menggelar Pertemuan Rutin Ikawati di Lingkungan Kanwil BPN Jatim, Minggu (9/10/2022). 

Ketua Ikawati BPN Jatim Siti Rohmawati Jonahar mengatakan, pertemuan ini merupakan wadah untuk saling bertukar ilmu dan silaturahmi antar anggota Ikawati sehingga muncul rasa guyub serta kegotong royongan. Ikawati juga mengajak UMKM binaan mereka untuk unjuk produk beragam kerajinan, fashion, makanan maupun minuman.  

"Alhamdulillah acara hari ini adalah acara Ikawati tiga bulanan," ujar Siti Jonahar saat membuka acara di Hotel Novotel Samator Surabaya.  

Lebih lanjut, Siti Jonahar menjelaskan jika Ikawati BPN Jatim sudah memiliki 367 UMKM binaan. Dari angka tersebut, UMKM Kantah Surabaya paling banyak di antara provinsi lain.  

Bertepatan hari ini pula, Siti Jonahar meresmikan on boarding LaDaRa Karesidenan Bojonegoro menyusul on boarding Karesidenan Surabaya pada 6 Oktober 2022 kemarin.  

Sementara menurut data Ikawati, Karesidenan Bojonegoro memiliki sekitar 70 UMKM binaan. Dengan rincian, Bojonegoro memiliki 10 UMKM, Tuban 10 UMKM, Kota Mojokerto 6  UMKM, Kabupaten Mojokerto 10 UMKM, Kabupaten Jombang 20 UMKM, Lamongan 15 UMKM.  

Dengan terlaksananya on boarding kali ini, diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan UMKM di wilayah tersebut.  

"Besar harapan saya UMKM binaan Ikawati se-Jatim bisa go nasional maupun internasional," ungkap Siti Jonahar.  

Sementara itu, Director of LaDaRa Kiagus Firdaus mengungkapkan, bahwa LaDaRa siap melakukan pendampingan terutama bagi UMKM binaan Ikawati Wilayah Jatim.  

"Jatim merupakan penyumbang UMKM terbanyak di Indonesia," kata Kiagus.  

LaDaRa sendiri merupakan sebuah platform marketplace dan sistem baru pemasaran produk unggulan berbasis digital (finansial teknologi). 

Kehadiran LaDaRa sebagai upaya mendukung dan memperkenalkan produk-produk karya anak bangsa baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.  

Kia juga mengatakan, sebesar 167 pelaku UMKM telah masuk ke LaDaRa dan sisanya tengah menuju proses on boarding.  

Untuk on boarding LaDaRa di Jatim sendiri telah dilaksanakan sejak Agustus lalu. Pada 12 Agustus 2022 on boarding berlangsung di Kantah Banyuwangi yang dihadiri Kakanwil dan pengurus. Kemudian 22 Agustus berlangsung di Jember dan dihadiri oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Lalu 9 September di Jombang dihadiri oleh Kakanwil dan bupati serta wakil bupati setempat.  

"Kami berharap UMKM Jatim makin naik kelas dan menjadi barometer nasional," ucap Kiagus.  

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN Jatim Jonahar mengapresiasi kegiatan on boarding tersebut. Menurut Jonahar, perkembangan UMKM binaan Ikawati BPN Jatim sangat pesat.  

"Saya terharu dengan Jatim, sungguh luar biasa. Selama saya bekerja di Kementerian ATR/BPN belum pernah ada acara seperti ini," ucap Jonahar.  

Ia menambahkan, UMKM Ikawati diinisiasi oleh istri Menteri BPN, Nanny Hadi Tjahjanto menggandeng LaDaRa sebagai platform digital besutannya.  

"LaDaRa akan membuat go nasional dan go internasional. Jadi seluruh BPN se-Jatim sudah menggelar pameran display di seluruh kantor," tambahnya seraya mengimbau agar para anggota memakai produk UMKM binaan Ikawati.  

BPN Jatim juga siap memberikan dukungan penuh kepada UMKM sebagai penopang ekonomi kerakyatan yang tetap eksis dan survive dalam segala situasi.  

"Jatim membantu UMKM tidak sekedar formalitas, tapi benar-benar dari dalam hati," tandasnya.  

Gandeng Finalis Putri Indonesia Dini Wijaya 

Lewat pertemuan tersebut, Ikawati Kanwil BPN Jatim juga menggandeng Finalis Putri Indonesia dari Sulawesi Selatan, Dini Wijaya. 

Menantu Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto ini membawakan materi bertema "Perempuan yang Cantik Adalah Perempuan yang Aktif".  

Dini Wijaya mengungkapkan, materi yang ia bawakan sejalan dengan visi Ikawati untuk menjadikan perempuan aktif dalam berkontribusi terhadap UMKM sekitar.  

"Jadi, saya juga ingin mendorong kepada ibu-ibu bahwa cantik tidak hanya terlihat dari penampilan atau dari fisik. Definisi cantik sangat luas tak terbatas, bisa dari kegiatan positif yang kita lakukan, bagaimana kita bisa berdampak positif dari mulai keluarga sampai ke lingkungan sekitar," ujar Dini.  

Ia juga mengapresiasi Ikawati BPN terutama Wilayah Jatim yang terus mendorong UMKM binaan terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi.  

"Apalagi yang di Jatim ini UMKM nya jadi lebih maju dan juga ada banyak banget sekarang yang masuk LaDaRa. Berarti UMKM ini siap naik tingkat, siap untuk masuk ke dunia digital," katanya. 

Foto Acara Pertemuan Rutin Ikawati di Lingkungan Kanwil BPN Jatim di Novotel Samator. (Foto: Dok. Ketik) Acara Pertemuan Rutin Ikawati di Lingkungan Kanwil BPN Jatim di Novotel Samator. (Foto: Dok. Ketik) 

Ketua Ikawati BPN Jatim Siti Rohmawati Jonahar Dapat Kejutan Ultah Kemeriahan dan semangat acara pertemuan Ikawati tak hanya berhenti di situ saja. Karena ternyata, pada hari yang sama Siti Jonahar juga tengah merayakan hari ulang tahun. 

Siti Rohmawati Jonahar mendapatkan kejutan ulang tahun dari seluruh anggota Ikawati se-Jatim.  

Momen istimewa tersebut berlangsung saat ia membuka Pertemuan Rutin Ikawati di Lingkungan Kanwil BPN Jatim di Hotel Novotel Samator Surabaya. Tak berhenti ucapan offline. Parade video ucapan ulang tahun juga turut mengalir.  

Siti Jonahar nampak terharu dan tak kuasa meneteskan air mata. Ia mengucapkan terimakasih. Selain itu, Siti Jonahar juga mengungkapkan apresiasi atas dukungan anggota dalam dua tahun terakhir sejak Ikawati berdiri. Termasuk juga kepada Tim LaDaRa.  

"Terima kasih juga kepada Tim LaDaRa Mas Kia sudah membimbing ibu-ibu Ikawati di Jatim sehingga kita semua bisa on boarding di seluruh Kantah se-Jatim," ucapnya.  

Ia tersanjung dan bahagia karena 9 Oktober 2022 bertepatan dengan hari lahirnya, juga bersamaan dengan acara on boarding LaDaRa Karesidenan Bojonegoro yang berlangsung di Surabaya. Acara pertemuan rutin Ikawati BPN Jatim itu juga menghadirkan Finalis Puteri Indonesia dari Sulawesi Selatan, Dini Wijaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Ikawati BPN Kanwil Jatim LaDaRa