Indonesia Dorong Tiga Isu dalam Pekan Bisnis ASEAN-Jepang

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

6 Juni 2023 03:29 6 Jun 2023 03:29

Thumbnail Indonesia Dorong Tiga Isu dalam Pekan Bisnis ASEAN-Jepang Watermark Ketik
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan paparan di ASEAN-Jepang Business Week di Tokyo, Jepang, Senin (5/6/2023). (Foto: Kemenperin)

KETIK, JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan tiga pendorong strategis dalam memperjuangkan 16 pencapaian ekonomi prioritas. Pencapaian itu dicanangkan Indonesia untuk 2023 dalam ASEAN-Jepang Business Week di Tokyo, Jepang, Senin (5/6/2023).

Pendorong strategis yang pertama adalah pemulihan dan pembangunan kembali. Selanjutnya strategi pengembangan ekonomi digital dengan memanfaatkan potensi besar yang dimiliki ASEAN.

Menperin menyebut ada potensi besar dalam upaya kerja sama yang dapat dijalankan antara Indonesia, ASEAN, dan Jepang. Kerja sama itu meliputi bidang transformasi digital, pembangunan berkelanjutan, maupun perpaduan antara keduanya.

"Kami siap menjadi komunitas digital terkemuka. Kemitraan kolaboratif antara pemangku kepentingan publik dan pelaku industri swasta, akan dapat meningkatkan infrastruktur digital serta menjembatani kesenjangan digital dalam komunitas," kata Menperin dikutip dari rilis Kemenperin.

Terakhir, pendorong ekonomi itu terkait isu keberlanjutan dalam perekonomian negara. Hal ini untuk memastikan praktik bisnis yang berkelanjutan demi kesejahteraan generasi mendatang.

"Dengan menuju masa depan yang lebih hijau, ASEAN berkomitmen  menjadi pemain industri utama dalam ekosistem kendaraan listrik, dengan menyadari adanya kondisi saling melengkapi dalam hal sumber daya, teknologi, dan potensi pasar untuk pengembangan kendaraan listrik," jelas Menperin.(*)

Tombol Google News

Tags:

ASEAN Jepang Business Week Agus Gumiwang Kemenperin