Ini 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Ada Jurusanmu?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

10 Januari 2023 08:57 10 Jan 2023 08:57

Thumbnail Ini 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Ada Jurusanmu? Watermark Ketik
Ilustrasi ( foto : pixabay )

KETIK, JAKARTA – Ujian masuk perguruan tinggi negeri sebentar lagi akan dibuka. Tentu saja banyak mahasiswa mempersiapkan diri agar dapat lolos di PTN Fmfavorit.

Ada sejumlah jurusan kuliah yang menjadi favorit banyak pelajar seperti kedokteran, komunikasi, ekonomi dan juga teknik. Jurusan tersebut menjadi incaran ratusan ribu calon mahasiswa.

Padahal jurusan yang semakin ketat akan membuat peluang kita untuk terdepak semakin tinggi karena persaingan yang sengit.

Di sisi lain ada jurusan kuliah yang jarang diketahui calon mahasiswa dan sepi peminat di SBMPTN, namun memiliki peluang kerja besar. 

Dalam memilih program studi di perguruan tinggi calon mahasiswa perlu menerapkan strategi karena mereka akan berhadapan dengan ribuan pesaing.

Melansir laman startup bidang pendidikan Ruang Guru di ruang.guru.com, ternyata banyak jurusan di perguruan tinggi yang masih asing di telinga masyarakat, namun prospek kerja lulusan jurusan tersebut sangat luas di berbagai bidang.

1. Jurusan Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial memiliki ilmu yang cukup unik dan menarik untuk dipelajari. Yaitu hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya. Jurusan ini cocok untuk yang suka dengan budaya dan hubungan antar manusia.

2. Jurusan Astronomi

Dari namanya saja sudah bisa diperkirakan ketika menjadi mahasiswa nanti hal-hal berbau antariksa akan menjadi bahan utama studi. Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Padahal, menjadi mahasiswa jurusan ini akan banyak menemui hal seru dan mengagumkan karena bisa mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi.

3. Jurusan Oseanografi

“Dari namanya, kayaknya belajar tentang laut ya?” Benar sekali. Walaupun masih asing, jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan.

Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan. Seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

4. Jurusan Kehutanan

Salah satu lulusan jurusan ini adalah Presiden Joko Widodo yang kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar.

Indonesia adalah negara tropis dengan hutan membentang luas. Sehingga tidak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

5. Jurusan Filsafat

Selanjutnya, ada jurusan dengan julukan the mother of sciences, jurusan Filsafat. Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat.

Namun, di jurusan ini bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk 

6. Jurusan Arkeologi

Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan. Selama kuliah, mahasiswa akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain.

7. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang mengacuhkan jurusan Ilmu Perpustakaan karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku.

Anggapan itu bisa dibilang tidak benar sebab jurusan ini akan mengajarkan banyak hal. Mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan.

8. Sastra Jawa

Jurusan sastra jawa memang tidak sepamor dengan jurusan sastra inggris, sastra korea, hingga sastra jepang. Namun, siapa sangka bahwa jurusan ini saat ini tengah diburu oleh banyak orang. 

Lulusan jurusan ini akan berkecimpung di banyak hal lho, mulai dari penerjemah, ali bahasa, hingga menjadi dosen.

9. Seni Peran

Dunia peran memang tak pernah ada habisnya. Namun, belum banyak yang ingin masuk di jurusan ini. Padahal nih kalau kamu sudah berhasil masuk di jurusan ini kamu bakal mendapatkan peluang yang besar untuk masa depan kamu lho. 

10. Teknik Perkapalan

Jurusan teknik yang satu ini ternyata juga sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan instansi lho. Gak hanya di tanah air saja, namun jurusan ini juga sangat dibutuhkan di kancah internasional. 

Jurusan ini nanti sangat berpengaruh untuk memperbaiki sistem transportasi laut, produksi kapal, hingga navigasi kapal. Jadi gak salah deh kalau kamu ambil jurusan ini. (*)

Tags:

Kuliah Jurusan Sarjana Pendidikan ujian