Ini 5 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

17 November 2023 23:05 17 Nov 2023 23:05

Thumbnail Ini 5 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes Watermark Ketik
Ilustrasi pengetesan kadar gula darah. (Foto: Klinio)

KETIK, SURABAYA – Penderita diabetes harus tepat memilih makanan yang dikonsumsinya dengan baik, apabila sembarangan penyakitnya akan semakin parah. 

Memilih makanan dengan kadar gula rendah sekaligus memiliki nutrisi kompleks menjadi keharusan bagi penderita diabetes. Mereka juga dituntut memiliki pola hidup sehat.

Nah, inilah 5 makanan terbaik untuk penderita diabetes yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Penelitian atas hewan dan manusia menunjukkan, ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.  

Sementara kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin, dan terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 ketika diekstrak.  

Cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane adalah dengan menikmati brokoli dan kecambah brokoli mentah atau dikukus ringan. 

2. Ubi jalar 

Ubi jalar mengandung serat, terutama saat disajikan dengan kulitnya.  

Serat makanan menyerap air, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ubi jalar memiliki kemampuan untuk mengecilkan sel-sel lemak.  

Ubi memiliki skor indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan membantu menjaga berat badan secara efisien.  

3. Mie shirataki 

Mie shirataki termasuk makanan sehat untuk diabetes. Mie ini terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak sehingga dikenal juga dengan sebutan mie konjak (konyaku). 

Umumnya, mie tinggi dengan karbohidrat tepung, tapi mie shirataki tidak. Sekitar 97 persen shirataki mengandung air. Meski begitu, makanan yang satu ini tetap tinggi serat, sehingga baik untuk diabetes. 

4. Yogurt 

Makanan probiotik yang baik untuk diabetes contohnya adalah yogurt. 

Tak hanya membantu menurunkan gula darah, yogurt juga dapat membantu meningkatkan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. 

Penelitian pada jurnal Nutrition menemukan bahwa makanan yang mengandung probiotik juga dapat membantu tubuh meningkatkan kadar kolesterol baik pada penderita diabetes tipe 2. 

5. Jagung 

Jagung memiliki kadar glikemik rendah sehingga dapat digunakan sebagai pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. 

Mengutip laman Harvard Medical School, nilai IG dari 100 gram jagung adalah 46, sementara beban glikemiknya bernilai 14. Sebagai perbandingan, beban glikemik dari 150 gram nasi putih adalah 29. Semakin rendah beban glikemik suatu makanan semakin baik untuk orang yang menderita kencing manis. 

Selain itu, makanan untuk diabetes ini juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah tidak begitu cepat naik setelah makan. 

Bagi penderita diabetes prinsip yang harus lebih ditekankan dalam diet diabetes adalah keseimbangan dan variasi gizinya. 

Pastikan setiap menu makanan untuk penderita diabetes setiap hari mengandung nutrisi seimbang seperti serat, protein, karbohidrat, dan berbagai mineral serta vitamin lainnya. Pastikan pula makanan yang Anda makan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. (*)

Tombol Google News

Tags:

diabetes makanan terbaik untuk penderita diabetes brokoli ubi jalar mie shirataki yogurt Jagung