Ini Alasan Batik Gentongan Madura Dihargai Jutaan Rupiah

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Marno

23 Januari 2024 10:57 23 Jan 2024 10:57

Thumbnail Ini Alasan Batik Gentongan Madura Dihargai Jutaan Rupiah Watermark Ketik
Azza Nur Fadilah, Pengelola Cakrawala Batik di Sentra IKM Bangkalan (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Batik gentongan merupakan batik khas Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan yang jadi best seller dibanding batik Madura lainnya.

Batik tulis ini termasuk batik primadona yang mahal di pasaran karena harga satu kainnya bisa menembus jutaan rupiah.

Mengapa harga batik ini bisa mahal? Bagaimana proses pembuatannya?

Senin (22/1/2024) jurnalis Ketik.co.id berkesempatan bertemu dengan pengelola Cakrawala Batik, Azza Nur Fadilah di Gedung Taman Budaya Sentra IKM, Kabupaten Bangkalan.

Batik Best Seller di Bangkalan

Batik gentongan adalah salah satu dari dua batik best seller di Bangkalan. Batik ini dijuluki gentongan karena memang proses pewarnaannya direndam menggunakan alat tradisional, gentong.

Batik tulis ini menjadi icon di Madura sehingga banyak orang tertarik membelinya dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta untuk satu kain berukuran 2,5 meter.

“Kalau gentongan itu harganya mulai Rp 2,5 juta, ukurannya 2,5 meter untuk satu kainnya,” terang Azah pada Ketik.co.id

Harga ini tentu saja sepadan dengan proses pengerjaannya yang kompleks dan panjang. Untuk proses pengerjaan satu kainnya, lanjut Azah, memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 6 bulan sampai 1 tahun.

“Motif batik gentongan ini detail dan proses pewarnaannya butuh berkali-kali. Jadi proses produksi batik ini ada yang 6 bulan bahkan bisa sampai 1 tahun untuk satu kain batik,” tambah perempuan berkerudung itu.

Proses pewarnaan ini menjadi proses penting dan cukup sulit. Pasalnya, perajin harus memiliki skill khusus untuk mencampur warna yang pas.

Libatkan Perajin Sekitar

Dalam proses pembuatannya, semua batik tulis Madura di Sentra IKM dibuat langsung oleh masyarakat Madura, termasuk batik gentongan.

“Batik-batik ini dikerjakan oleh orang Madura semua. Tempat pengerjaannya di galery ada di Khayangan Residence. Saya bekerja sama dengan beberapa perajin yang ada di Madura,” ungkap Azza..

Para perajin ini tersebar di beberapa Kabupaten di Pulau Madura, seperti Bangkalan, Sumenep, dan Pamekasan.

Dari situlah mengapa batik gentongan ini menjadi best seller. Karena proses pengerjaannya yang lama dan motifnya detail membuat harga batik tulis ini bisa mencapai jutaan rupiah per kainnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sentra IKM Bangkalan Batik Gentongan Madura UMKM Bangkalan Batik Madura
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1