Ini Sosok Kajari Bondowoso yang Baru Dilantik, Pernah Bertugas di KPK

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

23 November 2023 10:50 23 Nov 2023 10:50

Thumbnail Ini Sosok Kajari Bondowoso yang Baru Dilantik, Pernah Bertugas di KPK Watermark Ketik
Usai dilantik Dzakiyul Fikri bersalaman bersama Kajati Jatim Mia Amiati, Kamis (23/11/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sosok Dzakiyul Fikri baru saja dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Mia Amiati. Sebelumnya ia merupakan mantan Kajari Madiun.

Sepak terjang Dzakiyul Fikri tidak main-main, sosok yang garang dan berani dalam penegakan hukum dilakukan sosok pria 53 tahun tersebut.

Dalam karirnya Dzakiyul Fikri mengeksekusi salah satu dari dua oknum PNS Kementerian Agama Kabupaten Madiun atas kasus dugaan pungutan pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP) di kalangan guru agama di lingkungan kemenag setempat.

Setelah menjabat Kajari Kabupaten Madiun sekira setahun, mantan Kasi Intelijen Kejari Pemalang itu mendapat promosi dengan menjabat sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Riau.

Kemudian pada Agustus 2022, mantan Kasi Pidsus Kejari Jombang itu kemudian menjabat Kepala Bagian Penyusunan Program, Laporan dan Penilaian pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI.

Pria yang mengawali tugas di Kejaksaan pada 1996 silam itu pernah menjadi jaksa di Komisi Pemberantasan Korupsi. Sejumlah kasus besar pernah ia tangani.

Diantaranya kasus Lippo Group, kasus tindak pidana korupsi pengadaan Alat Kesehatan RS Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata (RS PKPIP) Universitas Udayana tahun anggaran 2009.

Selain itu, Dzakiyul Fikri juga menangani kasus suap sengketa Pilkada Lebak dan Pilgub Banten yang melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Dzakiyul Fikri juga menangani kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi Abdurachman.

"Semoga amanah ini bisa saya kerjakan dan bisa menjalankan semua program dari Kejaksaan Agung maupun Kejati Jatim dalam penegakan hukum di wilayah Bondowoso," jelas Dzakiyul Fikri, Kamis (23/11/2023). (*)

Tombol Google News

Tags:

Kejari Bondowoso Kejati Jatim Kejaksaan Kejaksaan Agung KPK Kajari Bondowoso Korps Adhyaksa Dzakiyul Fikri