Ini Tampang Tersangka Pembakar Rumah Wartawan di Tanah Karo

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

10 Juli 2024 14:00 10 Jul 2024 14:00

Thumbnail Ini Tampang Tersangka Pembakar Rumah Wartawan di Tanah Karo Watermark Ketik
Potret kedua pembakar rumah wartawan di Karo Sumut. (Foto: Polres Tanah Karo)

KETIK, KARO – Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengungkap dua terduga eksekutor atau pelaku pembakaran rumah wartawan, Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nibung Surbakti, Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Keduanya adalah Rudi Apri Sembiring (RAS) 37 tahun dan Yunus Syahputra Tanjung (YST) alias Selawang 36 tahun.

RAS dan YST yang sudah ditetapkan tersangka memiliki peran berbeda. RAS bertugas membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar sebanyak dua botol ukuran 1 liter air mineral seharga Rp13.000. Selain itu, RAS berperan sebagai pengemudi sepeda motor yang ditumpangi YST.


Kapolda Sumut Komjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan, kedua pelaku ini merupakan eksekutor. Keduanya membakar rumah korban dengan BBM campuran solar dan Pertalite.

"Bahwa dia menyemprot, menyiram campuran solar dan pertalite ke rumah dan dinding-dinding depan maupun di samping ke arah kamar korban. Yang ke arah kamar korban tidak hanya disemprot, tapi buka-tutupnya kemudian disiram di dalam, kemudian dibakar," kata Agung dikutip Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Rabu (10/7/2024).

Agung menyebut, sebelum melakukan pembakaran, para pelaku terlebih dahulu melakukan survei ke lokasi rumah korban dengan menggunakan sepeda motor. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan CCTV di sekitar lokasi.

"Kemudian mengeksekusi dengan membakar atau menyemprotkan dulu dua botol ini ke rumah korban, kemudian membakar rumah korban," pungkas Agung.

Peristiwa kebakaran tersebut menghilangkan nyawa empat orang yakni Rico Sempurna Pasaribu, Efprida Boru Ginting (istri), Sudiinveseti Pasaribu (anak), dan Lowi Situngkir (cucu). (*)

Tombol Google News

Tags:

Sumut dua eksekutor pembakar rumah wartawan tersangka pembakaran rumah Rumah Wartawan wartawan karo