Inilah 3 Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 Desember 2023 02:14 25 Des 2023 02:14

Thumbnail Inilah 3 Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Biji wijen.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Wijen adalah jenis biji-bijan yang berasal dari tumbuhan wijen yang termasuk ke dalam keluarga Pedaliaceae. Wijen biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap untuk berbagai masakan, seperti onde-onde, kue kacang, kue kering, atau taburan lauk pauk.

Wijen memiliki ukuran yang kecil dan berwarna putih. Saat digunakan untuk memasak wijen akan membuat aroma makanan menjadi lebih harum. Namun tahukah kamu selain digunakan untuk memasak, ternyata wijen memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Biji-bijian ini mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium dan nutrisi lainnya. Berikut ini beragam manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk sistem pencernaan

Biji wijen mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Bahkan dengan serat yang dikandungnya wijen baik dikonsumsi bagi orang yang menderita sembelit.

Biji wijen juga dapat melindungi lapisan usus. Pencernaan yang lancar akan menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

2. Merawat kesehatan kulit 

Ingin tampil cantik dari dalam, mengonsumsi biji wijen adalah jawabannya. Wijen memiliki kandungan zinc di dalamnya, dapat mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Tidak hanya itu, kandungan minyak dalam biji wijen bahkan bisa merangsang pembentukan kolagen pada kulit sehingga membuat kulit tampak sehat.

3. Mengatasi ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sering diderita banyak orang. Ketombe disebabkan oleh jamur yang tumbuh di kulit kepala, kurang bersih saat mencuci rambut dan kulit kepala yang kering.

Mengoleskan minyak wijen pada rambut atau kulit kepala dapat membantu mengatasi ketombe di rambut, membasmi jamur kulit dan melembapkan kulit kepala.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Bumbu Masak biji wijen minyak wijen Pencernaan