Inilah 5 Tips Menjawab Pertanyaan Kurang Menyenangkan Saat Lebaran Bersama Keluarga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

22 April 2023 09:00 22 Apr 2023 09:00

Thumbnail Inilah 5 Tips Menjawab Pertanyaan Kurang Menyenangkan Saat Lebaran Bersama Keluarga Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Momen hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah saat  kita para anggota keluarga berkumpul setelah sebelumnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun tidak dapat dipungkiri saat berkumpul ada saja anggota keluarga yang memberikan pertanyaan kurang menyenangkan.

Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk menyiapkan mental dan strategi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini perlu agar kita tetap dapat menikmati suasana lebaran dengan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi pertanyaan yang kurang mengenakkan saat hari Raya Idul Fitri.

1. Tetap Bersikap Tenang dan Sabar

Untuk menghadapi pertanyaan yang kurang berkenan di hati kita harus tetap tenang dan sabar. Jangan sampai terpancing emosi yang nantinya akan menodai moment berkumpul bersama keluarga.

Dengan sikap yang tenang kita tetap dapat menjaga hubungan baik dengan para anggota keluarga. Dam sikap sabar dapat mencegah kita mengeluarkan kata kata yang kurang berkenan, yang nantinya dapat menjurus pada tindakan yang tidak diinginkan.

2. Siapkan Jawaban yang Diplomatis

Ada baiknya sebelum berkumpul bersama keluarga kamu menyiapkan jawaban yang diplomatis. Hal ini penting untuk menjaga komunikasi dan hubungan baik antar anggota keluarga.

Jawaban diplomatik juga mencerminkan sikap hormat dan penghormatan terhadap perasaan orang lain, sehingga dapat menjaga hubungan baik dan memperkuat ikatan sosial yang ada.

3. Sebisa Mungkin hindari Konfrontasi

Saat menjawab pertanyaan dari anggota keluarga usahakan sebisa mungkin menghindari konfrontasi seperti bersikap keras, bertengkar, atau bersitegang. Hal ini dapat merusak suasana hangat saat perayaan hati Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Kita dapat mengalihkan topik pembicaraan, memberikan jawaban singkat namun sopan, atau menghindari diskusi yang bisa memicu konfrontasi.

4. Jawab Dibarengi dengan Gurauan

Saat ada anggota keluarga yang bertanya hal yang tidak menyenangkan salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah menjawabnya disertai dengan gurauan. Hal ini dapat membuat suasana lebih cair dan tidak canggung.

Dengan menggunakan candaan yang tepat dan bijaksana, kita dapat meredakan ketegangan dan menghindari konfrontasi yang mungkin terjadi.

5. Alihkan Pembicaraan

Apabila kita terjebak dalam diskusi yang kurang menyenangkan dan takut akan terjadi konfrontasi. Ada baiknya kita mengalihkan topik pembicaraan ke hal hal yang lebih netral dan positif yang dapat mencairkan suasana.

Mengalihkan pembicaraan juga bisa membantu menjaga privasi dan batasan pribadi kita, serta menghormati privasi orang lain. Lebaran adalah waktu untuk berbagi kebersamaan dan kegembiraan, sehingga menghindari pertanyaan yang kurang nyaman dengan mengalihkan pembicaraan dapat membantu menjaga suasana hangat bersama keluarga.(*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri keluarga Berkumpul Bijak Sabar diskusi Pertanyaan Kurang Menyenangkan lebaran