Inilah Cara Agar Tidak Mudah Haus saat Ibadah Puasa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

28 Maret 2023 15:40 28 Mar 2023 15:40

Thumbnail Inilah Cara Agar Tidak Mudah Haus saat Ibadah Puasa Watermark Ketik
Ilustrasi berbuka puasa. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Selama menjalankan ibadah puasa banyak orang yang mengeluh merasa lebih cepat haus. Hal ini lantaran kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi minuman manis daripada air putih saat tiba waktu berbuka.

Padahal seperti yang kita tahu jika minuman manis akan membuat kita merasa cepat haus karena kandungan gulanya. Akan tetapi ternyata selain minuman manis terdapat beberapa faktor lain yang membuat kita lebih cepat haus saat berpuasa.

Lalu bagaimana caranya agar tidak mudah merasa haus saat puasa? Ini dia cara mengatasinya.

1. Kurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak

Saat berbuka puasa atau sahur sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan mengandung banyak minyak. Makanan ini membuat lambung harus bekerja ekstra sehingga membuat kita cepat merasa haus. Belum lagi jika terlalu berlebihan akan membuat kita mengalami sakit lambung.

2. Kurangi makanan yang asin dan asam

Hindari menambahkan banyak garam pada makanan, atau sering makan makanan asin gurih. Begitu pula hindari makanan asam karena rentan menimbulkan asam lambung tinggi. Menghindari makanan asin dan acar sangat disarankan, karena jenis makanan ini akan meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh. 

3. Konsumsi buah dan sayuran segar

Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar sangat dianjurkan karena mengandung banyak air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi. Selain itu buah dan sayuran memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna karena kaya serat, sehingga bisa menghindari rasa haus sekaligus lapar selama puasa.

4. Hindari makanan manis

Seperti yang sudah disebutkan tadi di atas jika minuman manis akan membuat tubuh cepat merasa haus. Hal ini karena kadar gula darah naik akan direspon tubuh sebagai keinginan untuk minum lebih banyak sebagai cara menetralisir.

5. Konsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur

Minum air putih setidaknya delapan gelas per hari setelah berbuka hingga sahur sehingga tubuh tidak rentan dehidrasi. menjelang puasa di hari berikutnya. Berbuka puasa juga seharusnya diawal dengan minum air putih. Jika ingin minum air dingin atau es, boleh asal secukupnya saja. (*)

Tags:

Berbuka Puasa Ramadan makanan Minuman Haus dehidrasi