Inilah Manfaat Tubuh saat Kita Mengurangi Konsumsi Gluten

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

17 Mei 2023 18:15 17 Mei 2023 18:15

Thumbnail Inilah Manfaat Tubuh saat Kita Mengurangi Konsumsi Gluten Watermark Ketik
Ilustrasi. ( Foto oleh Henri/pexels)

KETIK, JAKARTA – Gluten adalah suatu zat yang biasa terdapat dalam gandum dan juga produk turunannya, seperti tepung terigu, roti, pasta, mie instan dan masih banyak lagi. Bagi beberapa orang mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat menimbulkan masalah kesehatan. Terutama bagi penderita penyakit celiac yang bisa terserang diare, konstipasi, dan perut kembung.

Jika penderita penyakit celiac menghindari gluten karena masalah kesehatan, lalu bagaimana dengan orang normal?.

Ternyata bagi orang normal menghindari mengkonsumsi gluten memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tidak hanya itu, saat ini para pakar mulai menyarankan untuk menghindari gluten atas pertimbangan kesehatan.

Berikut kami jelaskan manfaat bagi tubuh saat kamu berhenti mengkonsumsi gluten.

Foto Roti gandum salah satu makanan yang mengandung gluten.(Foto: Pexels)Roti gandum salah satu makanan yang mengandung gluten.(Foto: Pexels)

1. Menurunkan Risiko Kembung

Ada studi yang menemukan jika mengkonsumsi gluten akan memicu perut kembung. Hal ini karena gluten mengandung zat peptida yang dapat mengganggu pencernaan. Oleh sebab itu menghentikan konsumsi gluten bisa bermanfaat menurunkan risiko kembung.

2. Mengurangi Gangguan Lambung

Mengonsumsi gluten akan memicu gangguan lambung. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung gluten bisa membuat lambung kamu iritasi dan radang. Oleh karenanya dengan berhenti mengkonsumsi gluten akan menurunkan resiko gangguan lambung.

3. Jadi Mudah Fokus

Orang yang mengonsumsi banyak gluten akan cenderung memiliki stres yang tinggi. Bahkan beberapa peneliti percaya penyebab pikiran pusing dan stres adalah karena konsumsi gluten yang berlebihan. Saat berhenti mengkonsumsi gluten pikiran akan cenderung lebih jernih dan mudah untuk fokus.

4. Menambah Kesuburan

Ternyata diet gluten dapat meningkatkan kesuburan organ reproduksi wanita. Oleh karenanya bagi wanita yang ingin cepat hamil ada baiknya mengganti konsumsi gluten dengan lebih banyak konsumsi makanan mengandung vitamin seperti sayur dan buah. 

5. Akan Lebih Bahagia

Studi menemukan jika diet gluten memungkinkan seseorang merasa lebih bahagia. Penelitian menemukan jika diet gluten bisa bantu kita memiliki perasaan yang lebih baik, pikiran lebih jernih dan tubuh sehat yang terasa lebih ringan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gluten roti gandum kesehatan lambung