IOX PALA 2023 Kembangkan Pariwisata, Bangkitkan Ekonomi Masyarakat 

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Marno

8 Mei 2023 13:46 8 Mei 2023 13:46

Thumbnail IOX PALA 2023 Kembangkan Pariwisata, Bangkitkan Ekonomi Masyarakat  Watermark Ketik
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Kurniawan melepas peserta IOX PALA 2023 yang siap jajal medan super ekstrem Pagaralam – Lampung.   (Foto; Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Sebanyak 250 peserta mengikuti Indonesia Offroad  eXpedition (IOX) Pagaralam - Lampung (PALA) 2023. Kegiatan ini akan berdampak membangkitkan perekonomian terutama pelaku UMKM.

Harapan ini disampaikan oleh Wali Kota Pagaralam, yamg juga Ketua IOX PALA 2023, Alpian Maskoni SH, Senin (8/5/2023).

Menurut Kak Pian, sapaan akrab wali kota, dari 250 orang peserta dengan ratusan kendaraan dalam beberapa hari ke depan akan banyak beraktivitas dan berbelanja di Kota Pagaralam. Tentu even ini berdampak positi adanya perputaran uang dari Jakarta, Medan, Kalimatan dan daerah lainnya itu masuk ke Pagaralam.

"Kita berharap dari kegiatan ini dapat membangkitkan ekonomi Pagaralam, terkhusus dari pelaku UMKM. Kita juga berharap semua peserta IOX PALA 2023 bisa menikmati keindahan, kesejukan dan kedinginan Kota Pagaralam, sehingga nanti akan menjadi cerita tersendiri tentang IOX PALA tahun 2023 di Pagaralam,” ujarnya.

Kak Pian menjelaskan, ada yang menarik pada event IOX, yakni berupa saweran. Untuk menjadi peserta IOX ini, ada beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui. "Setiap event itu maksimal ada 30 peserta, dengan menggunakan kendaraan memiliki warna khas oranye,” ujarnya.

Mengenai jumlah peserta IOX PALA 2023, Kak Pian menyebut 62 peserta, tapi di akhir registrasi ada bebera peserta tidak bisa hadir. 

"Ada dari Leopard, ada juga dari Beruang, dengan 13 service car dan 6 official team. Total keseluruhan peserta ada kurang lebih 250 orang," ujarnya.

Sementara Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru melalui Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Kurniawan AP MSi yang melepas peserta IOX PALA 2023. Para peserta dengan mobil off road-nya akan menikmati rute perjalanan yang ekstrem dari Pagaralam ke Lampung.

Kuniawan menuturkan pelaksanaan IOX PALA 2023 ini mempunyai arti strategis, selain ajang uji nyali, juga untuk memperkuat silaturrahim sekaligus pengembangan pariwisata.“Kepada seluruh peserta kami tentu berharap dapat mempersembahkan prestasi yang terbaik," ujarnya.

Kurniawan juga mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia, Wali Kota Pagaralam dan jajaran yang menyukseskan event ini.

"Mereka telah bekerja dengan sekuat tenaga dan pikiran, serta berkorban secara moril dan materil. Percayalah, apa yang saudara-saudara lakukan sangat besar artinya, baik bagi kita semua dan Provinsi Sumsel,” tandasnya.

Gaet Investor di Pagaralam

Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH menyebut bahwa Pagaralam merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumsel.

“Kami (Pagaralam) sebagai daerah tujuan wisata, ingin mengundang orang untuk datang ke Pagaralam melalui event seperti ini. Kita bersyukur, tahun 2023 ini kita ada 3 event berskala besar di Kota Pagaralam,” ujar Kak Pian.

Dari 3 event besar itu sebut Kak Pian, Pemkot Pagaralam hanya sebagai tuan rumah. Dimulai dari IOX PALA 2023, nanti di bulan Juli ada ILRU dan Dempo Run.

“Semua event itu, kita hanya sebagai tempat penyelenggara. Dan itu yang sangat-sangat kami harapkan untuk teman-teman IOX yang memiliki rencana untuk  mengadakan event di Pagaralam," ujarnya.

"Kami sangat terbuka sekali menerima kegiata event mulai dari festival musik, paralayang, festival mobil dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kak Pian menawarkan kepada offroader IOX PALA yang sebagian besar para pebisnis untuk berinvestasi di Kota Pagaralam.

“Khususnya di wisata. Bisa berinvetasi di wisata kuliner, wisata tempat penginapan atau vila. Kalau teman-teman peserta IOX PALA selepas berkeliling-keliling Pagaralam ada yang tertarik, bahwa Kota Pagaralam berpotensi untuk pengembangan usaha dari rekan-rekan semua. Silakan,” bebernya.

Selain itu sambung Kak Pian, dirinya juga bersyukur dengan adanya IOX PALA 2023. Seperti diketahui event inj sangat dikenal bukan hanya di nasional, bahkan di manca negara.

 Rute dan Team IOX PALA 2023

IOX PALA 2023, merupakan event lanjutan seperti mengulang sejarah, event IOX yang pernah diselenggarakan sebelumnya di Sumatera Selatan.

IOX PALA 2023 ini merupakan pelaksanaan IOX ke-9. Di tahun pertama IOX ke-1 digelar tahun 2012, start Bukit Tinggi, Sumatera Barat, finish di Palembang Sumsel, IOX ke-2 tahun 2013 mengambil start di Aceh, Finish di Medan Sumatera Utara.

IOX ke-3 tahun 2014, bertajuk IOX LAMO (Lahat – Monas) start Lahat, Sumatera Selatan dan finish di Jakarta, IOX ke-4 tahun 2015, IOX JAVA start Jakarta-finish Surabaya, Jawa Timur. Dan ini menjadi kali pertama penyeragaman warna mobil peserta Oranye.

IOX ke-5 tahun 2016, IOX JOLI (Jogja – Bali) start Yogyakarta finish Bali, IOX ke-6 IOX Celebes start Kendari, Sulawesi Tenggara finish Makasar – Sulawesi Selatan, IOX ke-7 tahun 2019, IOX Andalas start Medan, Sumatera Utara finish Bukittinggi, Sumatera Barat, IOX ke-8 tahun 2021, IOX JAVEX start Yogyakarta, Finish Malang, Jawa Timur.

Dan IOX ke-9 tahun 2023, IOX PALA start di Pagaralam, Sumatera Selatan finish Kalianda, Lampung. “Mulai 7 Mei 2023 kita akan start di Pagaralam. Nantinya akan finish pada 20 Mei 2023 di Resort Kalianda Lampung Selatan. Peserta meliputi dari daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan,” ujar Wali Kota Alpian Maskoni SH. 

Rute IOX PALA 2023

Provinsi Sumatera Selatan: Start Minggu (7/5/2023) dari halaman Kantor Walikota Pagaralam – Lahat – Muara Enim – OKU – OKU Timur – OKU Selatan

Provinsi Lampung: Way Kanan – Lampung Utara – Lampung Tengah – Bandar Lampung – Finish Sabtu (20/5/2023) di Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda, Lampung Selatan Sumatera Selatan.

Starting List Day IOX PALA 2023

Grup Dempo: Leader Alpian Piuk, Sri Hascaryo dan Ambono, diikuti Team BUAYA, Team Beruang, Team Singa, Team Kudanil, Team Harimau Sumatra, Team Labi-Labi Moncong, Team Elang Putih dan Team Landak.

Grup Krakatau: Leader Adib Daoudy, Oscar Tenggara, Elry Jones Ering dan Hadarianus Wahyu Trikusumo, dengan Team Harimau, Team Hiu, Team Kelelawar, Team Anjing Hutan, Team Jalak Hitam dan Team Alap-Alap Macan. (*)

Tombol Google News

Tags:

offroad Wisata kejuarana pagar alam lahat IOF