Jalan Menuju Pantai Malang Selatan Rusak Parah, Polisi Pasang Papan Imbauan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

31 Maret 2024 17:05 31 Mar 2024 17:05

Thumbnail Jalan Menuju Pantai Malang Selatan Rusak Parah, Polisi Pasang Papan Imbauan Watermark Ketik
Satlantas Polres Malang ketika memasang papan imbauan di Jalan Menuju Pantai Selatan yang Rusak. (Foto : Satlantas Polres Malang

KETIK, MALANG – Akses jalan menuju Pantai Malang Selatan kondisinya rusak parah, lantaran hingga saat ini belum diperbaiki. Guna mengantisipasi kepadatan dan kecelakaan di jalan rusak itu, Satlantas Polres Malang memasang papan imbauan.

Hal ini dilakukan sebagai persiapan libur Lebaran tahun 2024. Salah satu titik jalan rusak parah yang dipasang papan imbauan berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Papan imbauan yang dipasang bertuliskan 'Kurangi Kecepatan Jalan Rusak' dan 'Jalur Alternatif Wisata Pantai Malang Selatan' yang bertujuan untuk memberitahu pengguna jalan maupun wisatawan khususnya dari luar daerah.

Kasatlantas Polres Malang, AKP Adis Dani Garta, dalam keterangannya mengungkapkan bahwa potensi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor.

Di antaranya kondisi jalan rusak, jalan sempit, turunan, tanjakan, perilaku pengendara roda empat dan roda dua yang tidak mematuhi aturan seperti melanggar marka serta melawan arah. 

"Dalam upaya mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas di ruas jalur wisata Pantai Malang Selatan pada Lebaran 2024, kami berkomitmen untuk meningkatkan imbauan kepada masyarakat dan pengguna jalan, yaitu dengan pemasangan papan imbauan keselamatan dan papan informasi jalur alternatif," ujar AKP Adis Dani Garta dikutip melalui keterangan tertulis, Minggu, (31/3/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pemasangan papan imbauan dilakukan di 13 titik yang tersebar di jalur ke arah pantai selatan. Selain itu juga dipasang papan informasi untuk memberikan pilihan jalur alternatif bagi wisatawan.

"Sehingga dapat meminimalisir potensi terjadinya penumpukan kendaraan dijalur utama. Selain itu, imbauan tersebut juga sebagai pesan kepada pengendara untuk lebih berhati-hati dalam berkendara sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Perwira Pertama atau Pama kepolisian dengan tiga balok di pundaknya.

Selain di Desa Srigonco, kata ia, beberapa titik pemasangan papan imbauan antara lain di depan Balai Pertanian, Simpang 3 Makam, Tikungan Jembatan Pelangi, Simpang Tiga Bledokan, serta Simpang Tiga Watusigar.

"Dengan pemasangan papan imbauan ini, kami berharap dapat mengurangi terjadinya kepadtaan arus lalu lintas di jalur wisata Pantai Malang Selatan sehingga masyarakat yang akan berlibur merasa aman, nyaman dan selamat," tuturnya.

Menurutnya, langkah preventif diambil Satlantas Polres Malang ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman, tertib dan meminimalisir kecelakaan lalulintas. Khususnya menjelang momen mudik dan libur Lebaran kali ini. (*)

Tags:

Jalan rusak Pantai Malang Selatan Kabupaten Malang Polisi Polres Malang lebaran