Jangan Konsumsi Santan Berlebihan! Ini 5 Bahaya yang Mengintai

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

10 Agustus 2023 03:05 10 Agt 2023 03:05

Thumbnail Jangan Konsumsi Santan Berlebihan! Ini 5 Bahaya yang Mengintai Watermark Ketik
ilustrasi santan kelapa (Foto: healthifyme)

KETIK, JAKARTA – Santan atau sari kelapa merupakan cairan yang diekstrak dari daging buah kelapa. Santan merupakan bahan campuran makanan dan minuman yang sudah cukup populer di Indonesia.

Santan sebenarnya baik untuk tubuh karena mengandung protein, lemak, kalsium, zat besi dan beberapa mineral lain. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut 5 bahaya santan bagi kesehatan seperti dilansir stylecraze:

Memicu Alergi

Santan bisa memicu alergi jika dikonsumsi oleh orang yang alergi kacang pohon. Alergi biasanya ditandai dengan ruam kulit, pembengkakan hingga kesulitan bernapas.

Meningkatkan Kadar Kolesterol

Santan mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan. Kondisi ini dapat memicu penyakit kardiovaskular.

Gangguan Pencernaan

Santan bisa berpotensi mengganggu sistem pencernaan karena kandungan serat yang cukup tinggi. Penyakit yang ditimbulkan seperti mual, kembung, hingga diare.

Memicu Obesitas

Santan dengan pemanis menyerap gula dengan jumlah tinggi bahkan 5 kali lipat lebih besar dengan tanpa pemanis. Kondisi ini bisa memicu obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menyebabkan Iritasi Usus

Kandungan karbohidrat berupa monosakarida yang ada di dalam santan juga memicu iritasi usus. Terjadi pertumbuhan bakteri di usus kecil karena pengangkutan fruktosa tidak merata.(*)

Tombol Google News

Tags:

santan Bahaya kesehatan kolesterol alergi