Jerawat Punggung Menganggu Aktivitas, Ini Cara Mengatasinya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

5 Agustus 2023 00:00 5 Agt 2023 00:00

Thumbnail Jerawat Punggung Menganggu Aktivitas, Ini Cara Mengatasinya Watermark Ketik
Ilustrasi jerawat punggung. (Foto:Real Simple)

KETIK, SURABAYA – Jerawat pada punggung sering menganggu aktivitas, karena rasa yang gatal dan tidak nyaman. Jenis jerawat di punggung sama dengan jerawat yang sering muncul di kulit wajah. Jerawat yang muncul di punggung bisa berupa komedo, kista atau jerawat kistik, nodul atau benjolan keras, dan benjolan merah. 

Penyebab jerawat di punggung bisa berkembang karena penumpukan kotoran di pori-pori kulit, penumpukan sel kulit mati, keringat, dan minyak atau sebum. 

Dilansir dari Cleveland Clinic, Jerawat punggung biasanya muncul ketika keringat terperangkap di bawah baju sehari-hari atau baju olahraga. 

Pakaian yang bergesekan dengan kulit yang sudah berkeringat pada akhirnya menyebabkan jerawat atau memperburuk masalah pada kulit ini. 

Berikut cara mengatasi jerawat pada punggung. 

1. Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat 

Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Ini agar keringat tidak menyumbat folikel rambut sehingga memicu jerawat punggung.

Tidak hanya itu, Anda juga harus segera mengganti pakaian yang basah oleh keringat. 

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat di kulit.

Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo putih dan jerawat. 

2. Menghindari makanan yang memiliki glikemik tinggi 

Cara menghilangkan jerawat punggung lainnya adalah dengan membatasi makanan yang tinggi akan indeks glikemik (IG), seperti roti putih, nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, dan makanan cepat saji. 

2. Mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik dapat merangsang pelepasan hormon insulin di tubuh.

Hormon insulin yang meningkat akan memicu produksi sebum dan minyak di kulit. Inilah yang akhirnya memicu munculnya jerawat di punggung. 

3. Gunakan sabun untuk jerawat punggung 

Mandi dengan sabun untuk jerawat punggung, biasanya sabun yang digunakan adalah yang mengandung asam salisilat, untuk mengatasi benjolan dan komedo, dan benzoil peroksida, untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

4. Gunakan produk eksfoliasi 

Sel kulit mati bisa menyebabkan jerawat punggung, karena itu, selain menjaga kebersihan dengan mandi rutin, lakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Eksfoliasi bisa membantu mengangkat kulit mati sehingga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara menghilangkan bekas jerawat punggung. 

5. Gunakan obat pereda 

Selain cara menghilangkan jerawat punggung di atas, obat jerawat punggung juga bisa digunakan untuk membantu kondisi jerawat punggung. Berikut ini adalah obat yang bisa digunakan untuk jerawat di punggung: 

• Benzoil peroksida bisa digunakan sebagai obat jerawat 

• Jika kondisi jerawat parah, maka bisa menggunakan antibiotik oral 

• Retinol 

• Obat resep dari dokter seperti tetrasiklin dan doksisiklin 

• Obat minum yang mengandung isotretinoin. Semoga karena tips ini bisa meringankan jerawat punggung. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jerawat punggung cara mengatasi jerawat pada punggung Jerawat