Kabaharkam Polri Tinjau Langsung Program Polisi RW Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

27 Juli 2023 10:01 27 Jul 2023 10:01

Thumbnail Kabaharkam Polri Tinjau Langsung Program Polisi RW Surabaya Watermark Ketik
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran meninjau langsung Polisi RW di Surabaya, (27/7/2023). (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Muhammad Fadil Imran ditemani Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, Kakorbinmas Polri bersama pejabat utama (PJU) Polda Jatim meninjau secara langsung Polisi RW di Kelurahan Tambak Segaran, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, Kamis (27/7/2023).

"Kami akan terus berikhtiar untuk membantu dan mendukung Babinkantibmas dalam program polisi RW," jelas Fadil.

Fadil bercerita tadi di rumah rembuk bersama perangkat pemerintah kota tersambung secara daring di 38 jajaran Polres se-Jatim untuk melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dan tiga pilar.

"Alhamdulillah baik Polisi RW, ketua RW, tokoh dan warga berbagi cerita dan harapan agar program Polisi RW terus di lanjutkan," papar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Menurut Fadil menariknya kehadiran polisi RW yaitu keluh kesah warga dan masyarakat dapat tersalurkan.

"Berbagai macam keluh kesah warga tersampaikan, baik masalah kamtibmas maupun masalah lain terkait dengan pemerintahan, seperti kelangkaan pupuk, elpiji sampai soal bank titil," ungkapnya.

Foto Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran melakukan peninjauan secara langsung Polisi RW di Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran melakukan peninjauan secara langsung Polisi RW di Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Fadil menambahkan, adanya Polisi RW dan Babinkantibmas ini banyak keluh kesah yang didapat, inilah yang diinginkan oleh Polri karena semakin dalam keluh kesah dan permasalahan yang didengarkan maka semakin dekat Polri dengan masyarakat.

"Kami dengarkan, membuat kami lebih memahami dan lebih baik. Harapan kami mudah mudahan Polri makin dekat dengan masyarakat," ujar jenderal bintang tiga ini.

"Saya akan terus berkeliling apa yang ada di Polda dan kampung kampung," tambahnya.

Fadil memaparkan sementara untuk polisi RW di Surabaya dengan jumlah RW 1.141 semua sudah terpenuhi tinggal meningkatkan terus kualitas, sinergitas dan kerja sama.

"Untuk menyelesaikan persoalan di basis komunitas. Supaya tidak perlu persoalan naik ditingkat atas dan cukup diselesaikan di Polisi RW," terangnya.

Sedangkan untuk Polisi RW nantinya akan dievaluasi setiap bulan mulai dari Polres lalu ke Polda sampai Mabes akan terus dilakukan evaluasi.

Evaluasi ini dinilai dari pertama menyangkut personil, kemampuannya kemudian yang dievaluasi kegiatannya, apakah kegiatannya sudah berhubungan langsung dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Komjen Pol Fadil sangat mengapresiasi  jajaran Polda Jatim khususnya Direktorat Binmas yang bekerja sangat maksimal karena memetakan seluruh potensi daerah, mengerahkan seluruh SDM Polri yang dimiliki Polda Jatim untuk turun ke lapangan mendengarkan keluh kesah warga.

"Jadi apa yang disampaikan Pak Kapolri untuk menjadi sosok polisi yang melindungi, melayani dan mengayomi dengan banyak mendengarkan tidak anti kritik lalu bermanfaat," papar Fadil Imran.

Kepala Kabaharkam Polri berharap mudah mudahan keinginan Kapolri mengenai sosok polisi yang melindungi, melayani dan mengayomu bisa diwujudkan.

"(Polda) Jawa Timur saya pikir selangkah di depan, dengan program program yang sudah digadang oleh bapak Kapolda Jatim," terang Fadil. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kabaharkam Polri Fadil Imran Kapolda Jatim Toni Harmanto Polisi RW Surabaya