Kabar Gembira, Kini Masyarakat Bangkalan Bisa Menikmati Angkutan Umum Bus Trans Bangkalan

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: Muhammad Faizin

23 Januari 2024 06:49 23 Jan 2024 06:49

Thumbnail Kabar Gembira, Kini Masyarakat Bangkalan Bisa Menikmati Angkutan Umum Bus Trans Bangkalan Watermark Ketik
Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie saat melepas Bus Trans Bangkalan. (Foto: Ismail Hs/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Dalam rangka mendukung transportasi publik sebelum beroprasinya Bus Trans Jatim rute Surabaya - Bangkalan,  Pemerintah Kabupaten Bangkalan mengawali dengan melakukan soft launching Bus Trans Bangkalan. Bus tersebut akan melewati rute Bangkalan - Kamal, Bangkalan - Tanjung Bumi, & Bangkalan - Blega dengan Tarif Rp 7 ribu. Harga tersebut sesuai dengan kesepakatan yang dibuat pemkab dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bangkalan.

Ada tiga armada bus yang disiapkan Pemkab Bangkalan untuk melayani masyarakat Bangkalan sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Sedangkan pengelolaannya, Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie menyerahkan pada organda, termasuk biaya oprasional seperti BBM dan lainnya.

Foto Pj Bupati Bangkalan saat memberikan pengarahan pada sopir Trans BangkalanPj Bupati Bangkalan saat memberikan pengarahan pada sopir Trans Bangkalan

“Tiga bus angkutan pedesaan pengelolaanya kita berikan kepada organda sekaligus kita uji cobakan. Nantinya trans Bangkalan ini akan melayani rute Bangkalan-Kamal, Bangkakan-Tanjung Bumi dan Bangkalan-Blega," ungkap Arief, Selasa (23/012024).

Arief juga sudah melakukan koordinasi terkait tarif tiket dengan pihak Organda, dan telah disepakati sebesar Rp. 7000 flat.

" Tarif tersebut nantinya untuk biaya akomodasi seperti pengemudinya, perawatan termasuk kebutuhan BBM namun akan tetap kami evaluasi apakah bisa menutupi penghasilan dan biaya operasionalnya,” tambahnya.

Terkait adanya Trans Bangkalan, dalam waktu dekat Pj Bupati Bangkalan akan menyiapkan regulasi melalui Peraturan Bupati (Perbup) termasuk penggantian plat merah menjadi plat kuning sebagai transportasi publik.

“Ke depan kami berharap lima angkutan umum kecil akan kita ganti dengan pengelolaan bus, sehingga pengelolaannya dapat bergantian dan tidak mematikan rezeki dari angkutan kota. Melalui Organda para sopir angkot ini akan kita ajak kerja sama mengelola Trans Bangkalan," tutup Arief. 

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan Efendi mendukung sepenuhnya atas terobosan Pemkab Bangkalan yang membuka tarsportasi umum Trans Bangkalan sebelum Trans Jatim rute Surabaya - Bangkalan di buka.

Hal ini menurut Efendi akan lebih membantu masyarakat dalam mendapatkan angkutan umum yang selama ini hampir jarang ditemui di jalan-jalan Bangkalan, karena maraknya kendaraan pribadi.

Foto Pj Bupati dan Kadishub Bangkalan meninjau Bus Trans Bangkalan sebelum di lepas. (Foto, Ismail Hs / Ketik.co.id)Pj Bupati dan Kadishub Bangkalan meninjau Bus Trans Bangkalan sebelum di lepas. (Foto, Ismail Hs / Ketik.co.id)

Namun yang perlu di perhatikan adalah pengelolaanya jangan sampai membuat masyarakat merasa dirugikan.

"Kami sangat mendukung terhadap di berlakukannya Trans Bangkalan ini, mari kita kawal bersama agar trobosan Pemkab Bangkalan ini berjalan dengan lancar, dengan adanya Trans Bangkalan, tentunya memudahkan masyarakat beraktivitas, terutama para pelaku UMKM yang selama ini  sulit menemukan angkutan umum apalagi jika sore hari,"  jelas Politisi Partai Gerindra tersebut.

Oeh sebab itu menurut Caleg Dapil 2 ini yang perlu di pikirkan juga adalah penataan rute dan jadwal Trans Bangkalan jangan sampai berubah-ubah, sehingga masyarakat lebih mudah memperkirakan kedatangan Bus Trans Bangkalan.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Bus Trans Jatim rute Surabaya - Bangkalan Pemkab Bangkalan Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan Efendi transportasi publik di Bondowoso