Kalau Tidak Berlebihan Ngopi Bisa Bikin Semangat, Ini Beberapa Manfaat Minum Kopi

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

10 Agustus 2023 00:00 10 Agt 2023 00:00

Thumbnail Kalau Tidak Berlebihan Ngopi Bisa Bikin Semangat, Ini Beberapa Manfaat Minum Kopi Watermark Ketik
Ilustrasi minum kopi. (Foto: Pinterest/Rridhesence.tumblr.com)

KETIK, JAKARTA – Minum kopi atau ngopi ternyata bisa membuat hari kita lebih semangat dan produktif. Namun, yang perlu diingat bahwa efeknya bisa negatif jika berlebihan.

Berikut beberapa manfaat minum kopi:

Meningkatkan Kewaspadaan: Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian, serta mengurangi rasa kantuk.

Peningkatan Kinerja Mental: Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat, pemahaman, dan waktu reaksi.

Energi dan Produktivitas: Minum kopi dapat memberikan dorongan energi yang membantu dalam meningkatkan produktivitas, terutama pada pagi hari.

Mengandung Antioksidan: Kopi mengandung senyawa antioksidan, seperti asam klorogenik, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Perlindungan Terhadap Penyakit: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkaitan dengan risiko lebih rendah terkena beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit hati, dan Parkinson.

Peningkatan Mood: Kafein dalam kopi dapat merangsang produksi hormon-hormon seperti dopamin dan serotonin, yang dapat berkontribusi pada perasaan bahagia dan mood yang lebih baik.

Penurunan Risiko Penyakit Jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Peningkatan Performa Olahraga: Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan performa olahraga dengan meningkatkan energi dan daya tahan.

Jangan lupa, penting untuk mengonsumsi kopi dengan bijak. Terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan efek samping seperti kegelisahan, denyut jantung cepat, gangguan tidur, dan pencernaan yang buruk.

Setiap orang juga memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, jadi perhatikan reaksi tubuh Anda dan batasi konsumsi jika diperlukan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum meningkatkan konsumsi kopi.(*)

Tags:

Ngopi Minum kopi kesehatan