Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Bakal Diresmikan Langsung oleh Megawati

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

26 Juli 2023 02:02 26 Jul 2023 02:02

Thumbnail Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Bakal Diresmikan Langsung oleh Megawati Watermark Ketik
Megawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram @presidenmegawati)

KETIK, SURABAYA – Megawati Soekarnoputri Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) kembali mengunjungi Surabaya. Presiden RI kelima itu direncanakan meresmikan Kebun Raya Mangrove di Gunung Anyar Surabaya pada hari ini, Rabu (26/7/2023). 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun melakukan pengecekan di Kebun Raya Mangrove Surabaya untuk memastikan situasi dan kondisi.

"Kesiapan Insyaallah sudah 99,99 persen, tinggal hanya pembersihan dan lainnya. Karena mangrove kan memang seperti ini, tidak kami ubah, tidak kami apakan, tapi keindahan mangrove itu ya dari alamnya, dari tanaman mangrovenya," katanya pada Selasa, (26/7/2023). 

Eri juga membeberkan bahwa keberadaan Kebun Raya Mangrove Surabaya ini melingkupi tiga kawasan. Yakni, Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, dan Mangrove Gunung Anyar dengan luas total mencapai 27 hektar. 

Saat ini, Kebun Raya Mangrove Surabaya telah dilengkapi sejumlah fasilitas dan wahana permainan. Seperti di antaranya sentra kuliner UMKM, wahana perahu, Jet Ski hingga ATV (All Terrain Vehicle). 

Eri menyebut bahwa Kebun Raya Mangrove Itu nanti sama seperti Romokalisari. Adanya pemberlakuan tiket masuk, adanya wahana naik perahu, naik ATV, dan sentra kuliner. 

"Tapi semuanya kembali ke masyarakat untuk mengurangi kemiskinan," bebernya. 

Ia juga menyebutkan, bahwa Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki koleksi 57 spesies tanaman. Namun demikian, saat ini juga tengah dilakukan eksplorasi 3 jenis baru yang akan menambah koleksi. 

Lebih dari itu, pihaknya juga berencana untuk melakukan kerja sama dengan wilayah lain yang memiliki mangrove. 

"Kalaupun ada mangrove jenis lain yang di tempat lain tidak ada di sini, kami akan minta bibitnya, kami taruh di sini. Sehingga kebun raya ini semakin sempurna dengan semua jenis mangrove yang ada di Indonesia dan luar negeri juga," tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Megawati Soekarnoputri Kebun Raya Mangrove Mangrove Gunung Anyar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi