Kerja Sama dengan Samsung, Google Hadirkan Fitur Quick Share di Perangkat Android

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

12 Januari 2024 07:00 12 Jan 2024 07:00

Thumbnail Kerja Sama dengan Samsung, Google Hadirkan Fitur Quick Share di Perangkat Android Watermark Ketik
Fitur Quick Share yang terdapat di salah satu smartphone Samsung. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Dalam perhelatan CES 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (9/1/2024), raksasa teknologi Google mengumumkan kerja samanya dengan Samsung untuk menghadirkan fitur Quick Share di berbagai perangkat yang menggunakan OS Android.

Fitur Quick Share sendiri merupakan fitur yang dibuat Samsung untuk mempermudah pengiriman data smartphone Samsung seri Galaxy tanpa menunggu waktu lama. Google sebenarnya juga memiliki fitur serupa yang diperkenalkan tahun 2020 dan diberi nama Nearby Share.

Melalui fitur ini pengguna dapat berbagai gambar, video, file dan teks dengan lebih mudah dan cepat antar perangkat yang menjalankan OS Android.

"Berkolaborasi dengan Samsung, kami menghadirkan solusi berbagi terbaik kami ke dalam solusi tunggal lintas-Android dengan nama Quick Share," tulis Google, dikutip dari laman resminya, Kamis (11/1/2024).

Lebih lanjut, untuk memperluas layanan fitur Quick Share, bukan hanya pada smartphone, Google juga menggandeng berbagai produsen PC agar fitur ini bisa dijadikan aplikasi pra-instal untuk perangkat Windows. Sehingga nanti saat menyalakan fitur ini pengguna dapat melihat beragam daftar perangkat yang tersedia.

Untuk diketahui, faktor keamanan tetap menjadi prioritas bagi Google. Oleh sebab itu nantinya para penguna dapat mengatur privasi mereka terkait siapa saja yang bisa melihat perangkat mereka dan mengirimkan file. Rencananya fitur Quick Share akan diluncurkan ke perangkat Android yang telah mendukung Nearby Share mulai Februari 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi smartphone Google Samsung Quick Share berbagi file Android Windows