Keterbatasan Alat Justru Membuat Darma Muktabar Jadi Juara Fotografi Nasional

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

5 Januari 2024 12:48 5 Jan 2024 12:48

Thumbnail Keterbatasan Alat Justru Membuat Darma Muktabar Jadi Juara Fotografi Nasional Watermark Ketik
Darma Muktabar meraih Juara Fotografi Nasional. (Foto: Dok. Universitas Dinamika)

KETIK, SURABAYA – Darma Muktabar merupakan mahasiswa dari Universitas Dinamika Surabaya yang berhasil meraih juara fotografi nasional tanpa menggunakan kamera profesional. Ia hanya menggunakan handphone.

Darma meraih juara 3 dalam Lomba Kesenian Nasional yang diselenggarakan pada 6 November 2023 secara online, lomba tingkat nasional itu diikuti oleh beberapa kalangan, mulai dari SMP, SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Mengenai proses pemotretan, Darma menjelaskan bahwa dirinya tidak menggunakan kamera profesional, hanya memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

"Saya memanfaatkan dengan maksimal alat yang saya miliki saat ini, dan itu tidak membuat nyali saya ciut. Saya malah termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik," tutur Mahasiswa DKV ini.

Darma mengaku sangat mencintai fotografi sejak kecil karena ia sangat senang mengabadikan momen-momen spesial di dalam hidupnya.

"Saya sudah tertarik dengan fotografi dan videografi sejak SD. Saya selalu mengusahakan untuk mengabadikan setiap momen yang menurut saya menarik," terangnya.

Mengenai persiapan sebelum lomba, Darma menjelaskan tak ada yang spesial karena dirinya menjalani lomba ini seperti hobi seperti biasa.

"Kemanapun selalu saya usahakan untuk memotret sesuatu agar menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi saya, atau bahkan bisa dijadikan bahan untuk mengikuti perlombaan," tutur Angkatan 2021 ini.

Darma menceritakan untuk terus mengupgrade ilmu fotografinya, dirinya belajar secara otodidak melalui Youtube.

Mulai dari posisi kamera, angle foto dan posisi cahaya yang pas untuk foto.

"Saya aktif mencari-cari lomba fotografi di Instagram, lalu suatu hari saya menonton Instagram Reels lomba ini dan saya pun mendaftar. Syukurnya bisa menang,"ungkapnya.

“Harapan saya semoga ini bisa menjadi motivasi teman-teman yang tertarik dalam dunia fotografi, untuk tetap mengasah kemampuan kalian dalam memfoto. Tidak harus memiliki alat yang proper, dengan handphone pun bisa menghasilkan foto yang menarik," pungkas Darma Muktamar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Darma Muktabar Juara fotografi nasional Universitas Dinamika Surabaya memfoto gunakan HP mahasiswa DKV