Koalisi Bismillah, Perkawinan Demokrat, PKS dan Gerindra di Pilkada Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

8 Mei 2024 10:07 8 Mei 2024 10:07

Thumbnail Koalisi Bismillah, Perkawinan Demokrat, PKS dan Gerindra di Pilkada Bondowoso Watermark Ketik
Para petinggi Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS Bondowoso saat mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Bismillah di Hotel Grand Padis (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Tiga partai di Bondowoso mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Bismillah menjelang Pilkada 2024. Yakni, Demokrat, PKS, dan Gerindra. Deklarasi koalisi diumumkan pada Rabu (08/05/2024) di salah satu hotel di pusat kota Bondowoso. 

"Dengan adanya pertemuan ini kita bismillah, tiga partai bisa berdiri mengusung salah satu kandidat dari tiga partai ini," tegas Setyo Budi, Ketua DPD Partai Gerindra Bondowoso saat menggelar pertemuan koalisi. 

Jika melihat perolehan kursi di DPRD Bondowoso, tiga partai tersebut sudah cukup untuk mengusung satu kandidat di Pilkada 2024. Gerindra memiliki 4 kursi, kemudian Demokrat 3 kursi dan PKS 2 kursi. Namun raihan kursi koalisi ini lebih sedikit dibanding PKB, PPP, Golkar dan PDIP. 

Lahirnya koalisi ini menambah poros baru di Pilkada Bondowoso. Setelah sebelumnya, muncul kandidat bakal calon Bupati dari PKB yakni Ra Hamid dan Salwa Arifin dari PPP. 

Dalam pertemuan itu, ketiga partai ini telah ditandatangani bersama berita acara Koalisi Bismillah. 

Dengan Koalisi Bismillah yang telah dibangun, ketiga partai tersebut optimistis bisa menyajikan calon bupati yang ideal bagi masyarakat Bondowoso. 

"Kita bisa merubah menjadikan Bondowoso lebih maju, berkeadilan, sejahtera, adil, makmur dan bermartabat," jelasnya.

Diakui oleh Budi bahwa sudah lebih dari dua figur bakal calon bupati yang bakal maju melalui koalisi bismilah. Kendati demikian Koalisi Bismillah belum membeberkan nama-nama itu. Menurutnya, politik yang begitu dinamis sangat menuntut koalisi ini itu cermat dalam menentukan bakal calon bupati.

"Saat ini masih terus dalam proses penjaringan, menjajaki. Tentu sudah banyak. Lebih dari 2. Politik masih sangat dinamis. Nantinya siapa yang akan kita pilih tentu kita akan umumkan," pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Koalisi Bismillah Demokrat Bondowoso Partai Gerindra PKS Pilkada bondowoso pilkada serentak