Launching SIMCERDIK, Dinkes Halsel Kolaborasi Percepat Akses Rekam Medis Elektronik

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

1 Februari 2024 13:35 1 Feb 2024 13:35

Thumbnail Launching SIMCERDIK, Dinkes Halsel Kolaborasi Percepat Akses Rekam Medis Elektronik Watermark Ketik
Staf Ahli Pemerintahan Kabupaten Halmahera Selatan Saiful Turuy saat mewakili Bupati Bassam meluncurkan SIMCERDIK di dampingi Kadinkes Asia Hasyim dan pihak pendukung. (Foto Mursal/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan melaunching Sistem Informasi Cepat Elektronik Rekam Medik atau SIMCERDIK pada Kamis, (01/2/2024) di Ballroom Hotel Buana Lipu Kecamatan Bacan Selatan.

Peluncuran aplikasi SIMCERDIK ini di hadiri Staf Ahli Pemerintahan Saiful Turuy yang mewakili Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba; Kadis Kominfo Sutego; GT Telkom Malut, Ilhamadi; Account Manager Telkom Malut, Account Manager AdMedika Region Felista Lolorie, dan Tim Support AdMedika Pusat Moch. Daudia.

Aplikasi SIMCERDIK ini, rencananya akan di terapkan ke seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Halmahera Selatan. Namun, dari 32 Puskesmas, kurang lebih 16 Puskesmas yang tersebar belum teraliri jaringan telekomunikasi dan internet.

Atas terkendalanya jaringan ini, Dinas Kesehatan Halmahera Selatan (Halsel) berkolaborasi dengan beberapa pihak di antaranya Diskominfo Halsel, AdMedikal, dan Pihak Telkom khususnya, yang hadir dalam acara peluncuran. Hal tersebut senada dengan sambutan Kadis Kesehatan Halsel, Asia Hasyim.

"Alhamdulillah pada saat ini kepala Telkom Maluku Utara hadir disini, Insya Allah semua harapan Dinas Kesehatan bisa dilaksanakan," harap Asia dalam sambutannya. 

Foto Foto Biground acara Pelaunchingan (Foto Ris/Ketik.co.id)Foto background acara peluncuran (Foto: Ris/Ketik.co.id)

"Sebenarnya di persyaratkan, wajib di laksanakan di akhir Desember 2023. Tapi Alhamdulillah, berkat kolaborasi bersama Telkom, AdMedikal, dan Diskominfo, Insya Allah yang jauh bisa lebih dekat dengan SIMCERDIK ini" sambungnya.

Mantan Direktur RSUD Labuha ini juga mengatakan, sistem pelaporan menjadi biang kerok yang sukar di atasi oleh Dinas Kesehatan Halsel. Hal ini di karenakan banyaknya lokasi Puskemas yang harus di jangkau melalui jalur laut.

Sementara isi sambutan Bupati Halsel yang di sampaikan Saiful Turuy di kesempatan tersebut, memberi pesan bahwa pelayanan kesehatan merupakan harapan masyarakat Halsel. Bupati Bassam juga menyampaikan, ketersedian sarana dan fasilitas pendukung lainnya menjadi dukungan sistem satu data Indonesia.

"Pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah, merupakan harapan seluruh masyarakat Halsel. Sistem Informasi yang memadai dalam mendukung sistem satu data Indonesia, " kata Bupati.

Lanjut Bupati, "untuk mengimplementasikan SIMCERDIK di butuhkan sumber daya yang mempuni yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan. Baik di tingkat Rumah Sakit, Puskemas, Klinik, dan di harapkan sampai menjangkau Desa-desa melalui Bidan Desa," harap Bupati Bassam Kasuba. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Dinas Kesehatan Pemda Halsel Launching SIMCERDIK Asia Hasyim Bupati Bassam Kasuba Sitem Satu Data Indonesia