Launching Sirkuit Mario Aji, Kado Terindah Gubernur Khofifah

Editor: Naufal Ardiansyah

19 Desember 2023 15:42 19 Des 2023 15:42

Thumbnail Launching Sirkuit Mario Aji, Kado Terindah Gubernur Khofifah Watermark Ketik
Gubernur Khofifah bersamaa Mario Aji Launching Masterplan pembangunan Sirkuit Mario Aji Magetan. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Launching Masterplan pembangunan Sirkuit Mario Aji di Magetan menjadi kado terakhir Gubernur Khofifah. Orang nomor satu di Jawa Timur itu akan melepas jabatannya per 31 Desember 2023. 

Sukses memimpin Jatim selama 1 periode, nampaknya Khofifah ingin memberikan kenangan-kenangan terindah untuk masyarakat Jawa Timur.

Salah satunya yakni Sirkuit Mario Aji yang berada di Kecamatan Parang, Magetan, Jawa Timur. Masterplan Sirkuit tersebut diresmikan Khofifah pada malam anugerah insan olahraga di GOR Kertajaya, Surabaya, Selasa (19/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Khofifah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Ali Kuncoro, Pembalap Moto3 GP Mario Aji, Bupati Magetan periode 2018-2023 Suprawoto, Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil, dan Kiagus Firdaus selaku Manager Mario Aji.

Foto Mario Aji berdialog dengan Gubernur Khofifah di hadapan ribuan insan olahraga berprestasi Jatim. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Mario Aji berdialog dengan Gubernur Khofifah di hadapan ribuan insan olahraga berprestasi Jatim. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Khofifah secara khusus memanggil Mario Aji ke atas panggung, disaksikan ribuan insan olahraga Jatim. Mario diminta menceritakan singkat perjuangannya hingga sukses promosi ke Moto2 GP tahun 2024 mendatang.

"Mario ini perjuangannya luar biasa. Biar dia menceritakan bagaimana dia berjuang di Moto3 hingga tahun depan naik Moto2 GP. Doa kita untuk Mario, karena tidak mudah masuk ke area internasional," kata Khofifah.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu mengatakan bahwa ia sengaja memilih pemberian anugerah kepada insan olahraga pada Hari Bela Negara.

Sebab, kata Khofifah, banyak bentuk untuk mewujudkan bela negara. Salah satunya memberikan yang terbaik untuk Tanah Air dengan prestasi di dunia olahraga.

"Itu adalah bela negara. Mari bersatu, bersaudara menjaga kesatuan Republik Indonesia," imbuhnya.

Foto Masterplan Sirkuit Mario Aji di Magetan. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Masterplan Sirkuit Mario Aji di Magetan. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

"Malam ini, kita juga meluncurkan sirkuit Mario Aji di Magetan. Semoga bisa menginspirasi dan melahirkan atlet-atlet berprestasi seperti Mario Aji," tukasnya.

Ia berpesan kepada Mario Aji yang menjadi satu-satunya pembalap Moto2 asal Indonesia untuk terus mengibarkan Merah Putih di seluruh dunia.

"Bersiaplah yang lain, nanti tahun 2045 kalian adalah generasi emas yang akan memimpin negeri ini," jelasnya.

Sementara itu, Mario Aji berterima kasih apresiasi kepada dirinya dari Pemprov Jatim dan Gubernur Khofifah. Hadirnya sirkuit balap di Magetan yang dinamakan Mario Aji ini menjadi ikon baru di Jawa Timur.

"Tidak hanya ikon baru tapi mencetak atlet berprestasi yang mengharumkan Indonesia di pentas balap dunia," tegasnya.

Mario berbagi pengalaman dan motivasi kepada generasi muda olahraga bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk tercapainya sebuah kebaikan.

"Saya dulu pernah bertanya ke almarhum ayah saya. Ayah selalu meyakinkan apa yang Mario inginkan harus Mario perjuangkan," ucapnya.

Untuk diketahui, tahun 2024 Mario Aji naik kelas ke Moto2 GP. Ia membela Honda Team Asia bersama rekan setimnya, Somkiat Chantra.

Sebelumnya, Mario sukses berlaga selama dua musim di kelas Moto3 GP. Mario selalu mencetak rekor dan sejarah dalam dunia balap Indonesia. Ia menjadi pembalap tersukses dari para pendahulunya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Sirkuit Mario Aji Moto2 Moto3 MotoGP Gubernur Jatim Gubernur Khofifah