Maju ke Pilgub Jatim 2024, Risma Ajukan Mundur dari Jabatan Mensos

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

29 Agustus 2024 16:00 29 Agt 2024 16:00

Thumbnail Maju ke Pilgub Jatim 2024, Risma Ajukan Mundur dari Jabatan Mensos Watermark Ketik
Proses pendaftaran Tri Rismaharini di Pilgub Jatim 2024, Kamis, 29 Agustus 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dipastikan maju menjadi bakal calon Gubernur Jawa Timur. 

Untuk itu, Risma menyatakan akan mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos). Surat pengunduran diri akan ia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada Jumat, 30 Agustus 2024. 

“Mundur (dari Mensos). Saya akan besok InsyaAllah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma di Surabaya, Kamis, 29 Agustus 2024.

Hal itu bakal dilakukan Risma, meski menurutnya tak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mundur dari jabatannya meski berkontestasi di Pilkada.

“Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak,” ucapnya.

Risma mengaku ia harus bertemu Jokowi untuk menyampaikan langsung niat pengunduran diri ini. Sebab, sebelum dia ditunjuk sebagai Mensos dulu, ia juga lebih dulu berjumpa dengan kepala negara.

“Tapi saya besok akan ngadep (menghadap) beliaunya karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil, saya juga akan menghadap beliaunya untuk menyerahkan pengunduran diri saya,” ucapnya.

Diketahui, pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) yang diusung PDIP, Hanura dan Partai Ummat ini akan mendaftarkan diri ke KPU Jatim, Kamis (29/8) malam nanti. Begitu juga pasangan yang diusung PKB, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim (Luluk-Lukman).

Sementara paslon petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil) sudah resmi mendaftar sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di KPU Jatim, Rabu (28/8) kemarin. Mereka diusung oleh koalisi besar 15 partai.

15 partai itu yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi). (*)

Tombol Google News

Tags:

Tri Rismaharini Risma Risma mundur dari Mensos Mensos Joko Widodo #Pilkada2024 Pilgub Jatim 2024