Maju Pilkada 2024, 4 Anggota DPRD Kota Batu Siap Undur Diri Usai Dilantik

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

30 Agustus 2024 11:15 30 Agt 2024 11:15

Thumbnail Maju Pilkada 2024, 4 Anggota DPRD Kota Batu Siap Undur Diri Usai Dilantik Watermark Ketik
Empat Anggota Anggota DPR yang maju Pilkada Kota Batu Foto bareng usai pelantikan, Jumat, 30 Agustus 2024. (Foto: Sholeh/ Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebanyak empat Anggota DPRD Kota Batu periode 2024-2029 segera mengundurkan diri meskipun baru dilantik Jumat, 30 Agustus 2024. Itu karena mereka telah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon dalam Pilkada 2024.

Empat Anggota DPRD yang akan segera mundur itu adalah Nurochman dari PKB, Heli Suyanto dari Gerindra, Rudi dari PAN dan Ganisa Pratiwi Rumpoko dari PDI Perjuangan.

"Secara prinsip, saya siap mengundurkan diri dari Anggota DPRD Kota Batu secepat dan sesegera mungkin. Karena menurut kami, lebih cepat lebih baik," kata Nurochman. 

Diketahui, Nurochman berpasangan dengan Heli Suyanto telah mendaftar ke KPU kota Batu sebagai Calon Wali Kota Batu dan Wakil Wali Kota.

Kemudian, Rudi maju sebagai bakal calon wakil walikota mendampingi Firhando Gumelar. Lalu Ganis maju Pilkada Kota Malang bersama Heri Cahyono. 

"Ini adalah konsekuensi, tentu saya harus mengundurkan diri secara sukarela. Karena ini adalah konsekuensi pencalonan saya," tambah Nurochman.

Sementara, Heli Suyanto menyampaikan, sesuai PKPU dirinya juga siap untuk mengajukan pengunduran diri dari anggota legislatif. Pengunduran diri akan dilakukan sesuai dengan tahapan di KPU. 

"Sebagai wong Mbatu nyel, kami bukan hanya mencari jabatan, tapi kami ingin mewakafkan diri kami untuk Kota Batu. Ia menyampaikan ,berdasarkan aspirasi masyarakat ia relakan jabatan di DPRD untuk digantikan yang lain.

"Saya dan Cak Nur sepenuh hati mewakafkan pikiran, tenaga, waktu dan hati untuk Kota Batu tercinta," jelas Heli. Sementara itu, Ganis mengatakan, sebagai salah satu konsekuensi keputusan yang telah diambil, yakni memilih melanjutkan perjuangan di Pilkada Kota Malang.

Dirinya juga siap untuk meletakkan jabatannya sebagai Anggota DPRD Kota Batu. "Untuk pengunduran diri sudah berproses. Saya sudah kirim surat pengunduran ke DPC PDI-P Kota Batu," katanya. 

 Di tempat yang sama, Rudi juga menyampaikan kesiapannya untuk segera meninggalkan jabatannya sebagai wakil rakyat. Persiapan administrasi sesuai regulasi juga sudah dilakukan. 

"Semua sudah lengkap, termasuk pengunduran diri saya sebagai Anggota DPRD Kota Batu. Saya telah bersurat ke partai," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPRD Kota Batu Nurochman Heli Suyanto Ganisa Pratiwi Rumpoko Rudi Pilkada 2024