Mapolres Sampang Didatangi Ormas Islam Jelang Pilkada 2024, Ini Tujuannya

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Mustopa

23 Oktober 2024 11:45 23 Okt 2024 11:45

Thumbnail Mapolres Sampang Didatangi Ormas Islam Jelang Pilkada 2024, Ini Tujuannya Watermark Ketik
Sejumlah Ormas Islam yang datang Polres Sampang (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).

KETIK, SAMPANG – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sampang mendatangi Mapolres setempat.

Kedatangan ormas Islam ke Polres Sampang pada Selasa, 22 Oktober 2024, hanya mengingatkan aparat penegak hukum (APH) untuk netral pada pelaksanaan Pilkada Sampang 2024.

Tak hanya itu, sejumlah ormas tersebut siap ikut menjaga dan mewujudkan Pilkada damai di Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Abdullah Ibnu Rasjid, ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PD Muhammadiyah Sampang mengucapkan terima kasih banyak kepada Polres Sampang karena telah menerima ormas Islam untuk duduk bersama dan mendiskusikan terwujudnya Pilkada damai di Kota Bahari.

"Suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang periode 2024-2029 serta terwujudnya Pilkada damai di Kota Bahari ada di tangan Polres Sampang, karena Polres Sampang merupakan salah satu lembaga yang mengawal keamanan Pilkada serentak 2024", ujarnya, Rabu 23 Oktober 2024.

Abdullah berharap Polres Sampang memposisikan dirinya sebagai lembaga yang mengayomi sekaligus mengawal pelaksanaan Pilkada supaya sukses dan damai.

"Netralitas Polres Sampang penentu kedamaian di Pilkada Sampang 2024," tegasnya.

Sementara, Kh Itqon Busiri, Ketua PCNU Kabupaten Sampang mengatakan bahwa ada tiga hal yang ditekankan dalam pertemuan dengan Polres Sampang.

Pertama mendukung netralitas APH, kedua mendorong APH untuk menciptakan Pilkada Sampang damai dan kondusif dan ketiga tindak tegas segala bentuk intimidasi, tekanan dan gangguan yang berpotensi membuat kegaduhan di Pilkada Sampang 2024.

"Kita memiliki kewajiban untuk mengawal umat dan Pilkada 2024. Jangan karena berbeda pilihan, umat jadi terpecah dan bermusuhan," ungkapnya.

Ia yakin Pilkada Sampang 2024 akan berjalan kondusif dan damai jika semua pihak berkomitmen untuk menjalankan menciptakan Pilkada damai.

"Mari semua elemen masyarakat di Kabupaten Sampang bersama-sama berkomitmen menciptakan Pilkada damai dan kondusif," pungkasnya.

Kapolres Sampang, AKBP Hendro Sukmono mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kunjungan dari perwakilan ormas Islam Sampang.

Dia menegaskan bahwa APH, dalam hal ini Polres Sampang akan tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Sampang 2024.

"Komitmen kami sangat jelas, kami netral. Apabila nanti ada masyarakat yang mendengar isu bahwa ada polisi yang tidak netral, silahkan langsung laporkan ke Polres atau Polda," jelasnya.

"Kami berharap masyarakat Sampang akan mendapat pimpinan yang amanah," tandas AKBP Hendro.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Sampang Pilkada 2024 NU PD Muhammadiyah LDII GP Ansor Netralitas Pilkada damai