Mengenal Semy Itlay, Prajurit Kostrad Berprestasi dari Tanah Papua

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

6 Juni 2024 12:40 6 Jun 2024 12:40

Thumbnail Mengenal Semy Itlay, Prajurit Kostrad Berprestasi dari Tanah Papua Watermark Ketik
Semy Itlay, Prajurit Kostrad berprestasi dari Papua (Foto: Puspen TNI)

KETIK, JAYAWIJAYA – Dari keindahan Lembah Baliem di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, lahirlah seorang putra Papua yang kini menjadi kebanggaan negara Indonesia. 

Serda Semy Itlay, prajurit Kostrad dengan pangkat Sersan Dua, mungkin terkenal dengan sifatnya yang bersahaja dan minim bicara. Namun di balik itu, ia mengukir prestasi gemilang yang membanggakan. Selain sebagai prajurit, ia juga menjadi atlet tinju dengan beragam prestasi. 

Semy Itlay, lulusan Secaba TNI AD PK 28 tahun 2021, saat ini bertugas di satuan elite Yonif 432/WSJ/Brigif Para Raider 3/3 Kostrad di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Meskipun merupakan pendatang baru dalam dunia tinju, Semy telah mengukir namanya sebagai atlet yang kuat dan handal.

"Yaitu dengan rekor 4 kali bertanding dan 4 kali menang RSC (TKO)/KO sebagai juara kelas 80kg pada beberapa kejuaraan tinju tingkat provinsi di Sulawesi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Ketik.co.id, Kamis (06/06/2024).

Dedikasi Semy tidak hanya terlihat dalam dunia olahraga, tetapi juga dalam tugas militernya. Lettu Inf Fahrizal, komandan pos dari Serda Semy Itlay, menilai bahwa dedikasinya di tempat penugasan sangat luar biasa. 

"Sikapnya yang ramah dan rendah hati membuatnya menjadi kebanggaan masyarakat kampung yang ditemuinya, baik di Sulawesi maupun di tanah kelahirannya di Papua," ujar Lettu Inf Fahrizal.

 

Foto Semy Itlay, Prajurit Kostrad menyerahkan bantuan untuk warga Papua (Foto: Puspen TNI)Semy Itlay, Prajurit Kostrad menyerahkan bantuan untuk warga Papua (Foto: Puspen TNI)

Menurutnya, sebagai seorang prajurit lintas udara Kostrad yang bermarkas di Kariango, Semy selalu melaksanakan kewajibannya dengan baik, termasuk dalam penugasan di Kabupaten Nduga, Papua. 

Baginya, dapat menunaikan tugas di tanah kelahirannya sendiri merupakan anugrah tersendiri. Ia merasa dapat langsung mendekatkan diri dan membantu saudara-saudaranya secara langsung di berbagai kampung yang dikunjunginya.

"Tentunya dengan berusaha semaksimal mungkin untuk meringankan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat," tandasnya menutup penyampaian. (*) 

Tags:

Semy Itlay TNI Prajurit Kostrad Jayawijaya berprestasi Tanah Papua