Muhadjir Effendy Sarankan PTS Beri Biaya Tinggi untuk Wisuda

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Gumilang

2 Juli 2024 03:05 2 Jul 2024 03:05

Thumbnail Muhadjir Effendy Sarankan PTS Beri Biaya Tinggi untuk Wisuda Watermark Ketik
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Sekretariat Kabinet)

KETIK, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) mencari keuntungan dari mahasiswa dalam momentum wisuda.

Muhadjir menilai orang tua mahasiswa tidak akan keberatan dan rela untuk membayar biaya yang tinggi untuk wisuda sang anak.

"Wisuda itu tarik yang tinggi karena enggak ada orang akan protes walaupun mahal. Karena waktu saat gembira anaknya mau wisuda bayar berapapun dikasih," kata Muhadjir dikutip Suara.com jaringan Ketik.co.id di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

"Kalau perlu biar satu truk keluarganya akan datang enggak apa-apa tapi harus beli undangan," imbuh Muhadjir.

Di sisi lain, Mantan Mendikbud ini menyarankan pimpinan PTS agar tidak menaikkan biaya-biaya pendidikan ketika situasi ekonomi tak kondusif.

Muhadjir menyinggung kebijakan kenaikan UKT di sejumlah PTN beberapa waktu lalu yang menuai banyak protes dari berbagai pihak.

“Ketika orang sedang gajinya sudah telat, anunya naik, pastilah protes itu. Jadi menurut saya juga momentum kurang pas, makanya saya sempat kritik itu,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Menko PMK Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan muhadjir effendy PTS Perguruan Tinggi Swasta harga wisuda naik